Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

LSM Ayo Indonesia Ruteng Ajak Masyarakat Desa Umung Membuat Strategi dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Thursday, June 16, 2022 | 13:58 WIB Last Updated 2022-06-16T06:58:50Z

 

LSM Ayo Indonesia Ruteng Ajak Masyarakat Desa Umung Membuat Strategi dalam Menghadapi Perubahan IklimLSM Ayo Indonesia Ruteng Ajak Masyarakat Desa Umung Membuat Strategi dalam Menghadapi Perubahan Iklim

BernasINDO.id. Kamis, 16/6, LSM Ayo Indonesia Ruteng melaksanakan sosialisasi tentang perubahan iklim kepada masyarakat Desa Umung. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan kantor Desa Umung, Satarmese, Manggarai dan dihadiri oleh tim LSM Ayo Indonesia, kepala Desa Umung beserta staf jajarannya, Polisi dan Linmas, serta masyarakat Desa Umung. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mengatur strategi dalam mencegah terjadinya dampak yang lebih luas dari perubahan iklim.

Baca: Antologi Puisi Venansius Alfando Satrio

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara LSM Ayo Indonesia Ruteng dengan Desa Umung dalam menanggapi perubahan signifikan pada iklim, suhu, udara dan curah hujan yang mengakibatkan terjadinya anomali musim. Bapak Efryd Budiman LC selaku pemateri menjelaskan bahwa perubahan iklim ini membawa banyak dampak buruk bagi masyarakat, seperti menurunnya hasil produksi pertanian, mengganggu kesehatan, banjir, kekeringan, badai siklon tropis, hama dan penyakit tanaman. Oleh karena itu, ia menganjurkan agar masyarakat mulai membangun strategi untuk mengurangi dampak perubahan iklim, seperti mengurangi penggunaan pestisida kimia, penanaman pohon, hemat listrik dan sumber energi lainnya.

Sosialisasi ini dibagai menjadi dua sesi, yakni pemaparan materi oleh tim LSM Ayo Indonesia Ruteng dan sesi diskusi berupa tanya jawab antara masyarakat Desa Umung dengan tim LSM Ayo Indonesia. Masyarakat cukup antusias terlibat dalam diskusi ini terutama dampak-dampak langsung perubahan iklim yang mengakibatkan rusaknya tanaman.

Baca: AncamanBencana Ekologi dan Krisis Pengetahuan Lingkungan Sebagai Refleksi Hardiknas

Bapak Kepala Desa Umung, Hermanus Hasu, mengatakan merasa sangat senang  karena mendapatkan kunjungan khusus dari LSM Ayo Indonesia yang telah memberikan pencerahan kepada masyarakat Desa Umung terkait perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Vincent Masut

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LSM Ayo Indonesia Ruteng Ajak Masyarakat Desa Umung Membuat Strategi dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Trending Now

Iklan