Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Mahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng Gelar Sosialisasi Program Kerja (Proker) KKN di Desa Golo Ndoal

Friday, July 15, 2022 | 22:43 WIB Last Updated 2022-07-15T15:43:26Z
 
Mahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng Gelar Sosialisasi Program Kerja (Proker) KKN di Desa Golo NdoalMahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng Gelar Sosialisasi Program Kerja (Proker) KKN di Desa Golo Ndoal

BernasINDO.id-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus  Ruteng gelar melaksanakan sosialisasi program kerja  di desa Golo Ndoal, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat pada Jumat, (15/07/2022).

Turut hadir kegiatan sosialisasi tersebut adalah kepala desa Plasidus Jao Ngampu, sekretaris desa Jainul Mustafa Nggesu, seluruh staf desa dan peserta KKN Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Baca: Antologi Puisi Venansius Alfando Satrio

Selaku ketua koordinator tim mahasiswa KKN di Golo Ndoal, Aventus Purnama Dep membaca program kerja yang akan dilaksanakan kurang lebih satu bulan kedepan. Adapun program kerja yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN adalah sebagai berikut : Pertama, bidang pendidikan : Latihan Pramuka dan mengajar (TK, SD, SMP/MTS, SMA/MAN), Skami dan membangun literasi membaca dan menulis; Kedua, bidang pertanian: Pembuatan pupuk bokashi, pengelolaan lahan komoditas hortikultura, menanam pohon, pemanfaatan Ubi Talas dalam pembuatan kerupuk; ketiga, bidang pariwisata : membersihkan di area pariwisata desa Golo Ndoal, mempromosikan tempat wisata melalui website dan media sosial, membuat petunjuk arah ke tempat pariwisata, menambah keindahan di tempat pariwisata dengan menanam bunga; Keempat, membersihkan di lingkungan umum seperti, kantor desa, gereja, masjid dan jalan raya. Selain itu,  katekese pariwisata holistik, pembuatan tong sampah dan senam dengan pemerintah desa untuk mendukung program unggulan yang ada di desa Golo Ndoal.

Baca: Urgensi “Sopi” dalam Kebudayaan Orang Manggarai

Selain itu, Aventus meminta persetujuan dengan pihak desa Golo Ndoal terkait program kerja yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Menanggapi hal itu, Kepala desa Golo Ndoal, Plasidus Jao Ngampu menyampaikan bahwa untuk program yang sudah ditawarkan tidak ada yang salah, justru kami siap mendukung dalam menjalankan program selama satu bulan kedepan.

Dalam kesempatan yang sama juga, Jainul Mustafa Nggesu selaku Sekretaris desa Golo Ndoal mengatakan bahwa semua program kerja dari ketiga bidang  tadi, tentunya menjawab terkait dengan kebutuhan di desa Golo Ndoal, tutupnya.

Penulis: Venansius

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng Gelar Sosialisasi Program Kerja (Proker) KKN di Desa Golo Ndoal

Trending Now

Iklan