Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Soal Jamda IX Kwarda NTT Tahun 2022, Benarkah Sudah Persiapkan Secara Matang

Saturday, July 30, 2022 | 16:00 WIB Last Updated 2022-07-30T09:21:17Z
Soal Jamda IX Kwarda NTT Tahun 2022, Benarkah Sudah Persiapkan Secara Matang
Soal Jamda IX Kwarda NTT Tahun 2022, Benarkah Sudah Persiapkan Secara Matang


Pelaksanaan ajang jamda (kambora daerah) Pramuka  tingkat  provinsi NTT akan dilaksanakan di ibu kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Pelaksanaan jamda dapat berlangsung dari tanggal 02-06 Agustus 2022. Untuk menyeleksi para kaum kawula muda Pramuka penggalang milenial demi merekat bangsa dalam setiap tantangan jaman yang kian menggila di era digitalisasi saat ini

Tema ajakan kepada kaum kawula muda NTT dalam moment strategis adalah " Mari Sukseskan JAMDS IX KWARDA NTT, 02-06 Agustus 2022 Labuan Bajo Manggarai Barat Pramuka Penggalang Milenial Keren, Asik, Perekat Bangsa.

Baca: TK, SD, dan SMP Pius Pemalang Memulai Tahun Ajaran Baru 2022/2023 dengan Merayakan Ekaristi Bersama

Dari catatan penulis selama ini, rencana pelaksanaan jambora  daerah Pramuka (jamda) provinsi ini sesungguhnya, telah dilaksanakan tahun 2021. Namun, karena masalah pandemi covid-19, ditunda pada tahun 2022 ini. Jamda kali ini dapat diikuti oleh hampir seluruh Kabupaten/ kota se-NTT, tergantung kesiapan dari masing-masing kwarcab (kwartir cabang) masing-masing.

Rencana lebih lanjut, setelah jamda Pramuka provinsi usai, maka para pembina hasil jamda akan mengikuti program jambore tingkat nasional (jamnas) di Cibubur, Jakarta menjelang hari Pramuka, 14 Agustus 2022. Kader-kader dari setiap penggalang tingkat jamda kabupaten selama ini sudah digenjot secara mental dan keterampilan untuk mempersiapkan diri menuju jamnas itu.

Secara mandiri para peserta hasil seleksi dari kepiawaian ilmu kepramukaan penggalang tingkat sekolah dan kecamatan untuk utusan setiap  kabupaten telah dilakukan selama ini. Dengan demikian, maka para peserta yang ikut ditingkat jamnas, benar-benar sudah teruji secara mental, fisik, keterampilan dan spiritualnya. Tidak diragukan untuk mewakili daerah kabupaten/ kota dan/ atau mewakili provinsi NTT.

Baca: Ketika Anggota MKKS SMK Kabupaten Banyuasin (Sumsel) "Studi Banding" di SMK Stella Maris

Demikian juga, untuk para pembina Pramuka tingkat daerah kabupaten/ kota, telah dipersiapkan secara matang. Misalnya, ibu Wigberta Ate, S.Ag. pembina Pramuka penggalang dari SMP Negeri 1 Komodo, dapat dipilih dan ikut serta dalam kegiatan jamda bahkan sampai  pada tingkat  jamnas untuk mendampingi para siswa dan siswi dari tingkat penggalang Manggarai Barat, dengan peran masing-masing yang diembannya.

Pembina gerakan Pramuka penggalang bagian urusan penggalang perempuan (disebut Pi) adalah Kakak pembina Lusia Min Nalas, S.Pd., (guru IPA SMPK St. Ignatius Loyola),  kakak Pembina Maria Wigberta Ate, S.Ag., (guru Pendidikan Agama Katolik SMP Negeri 1 Komodo),  Kaka Pembina, Karmila, S.Pd., (guru IPS SMP Negeri 2 Komodo) dan kakak pembina Rosalia Setiap, S.Pd., (guru Biologi SMAN 1 Komodo). 

Selain itu; Kaka Ignatius Nangku, A.Md pembina Pa (urusan gerakan  Pramuka penggalang laki-laki), kakak Silvester Gunas, S.Ag (guru PAK di salah satu SMP Negri di Kecamatan Kuwus), kakak pembina  Adnan, S.Pd, seorang guru SDN di Lembor Selatan dan kaka pembina Nobertus Lura, guru di salah satu sekolah di kabupaten Manggarai Barat. Selaku ketua pimpinan cabang menuju tingkat jamnas dipercayakan kepada guru pembina utama Kaka Ignatius Nangku dan dibantu oleh kaka Rosalia Seripa.

Sebagai peninjau Pi dipercayakan kepada Kaka Wigberta Ate dan Kaka Karmila. Pendamping Pi dipercayakan kepada ka Lusia min Nalas. Dan, pendamping pa dipercayakan kepada Kaka Silvester Gunas, peninjau kaka Nobertus Lura, dan  Kaka Adnan.

Semua team Gerakan  Pramuka penggalang tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur,  sebagai pembina, pemantau, pendamping, telah tiba di kota super premium Labuan Bajo, sejak 29 Juli 2022. Menyusul kedatangan team Gerakan Pramuka Penggalang tingkat kabupaten yang telah terseleksi secara bertingkat dari semua sekolah pada setiap kabupaten kota se-NTT. Akan tiba paling lambat 30 Juli 2022.

Kesan dari pengamatan penulis beberapa hari belakangan ini, suasana ibu kota semakin ramai dengan berbagai hiruk pikuk kegiatan, baik ditingkat sekolah, kantor dan dinas, maupun aktivitas masyarakat kota pariwisata ini semakin ramai. Kebersihan kota dan lingkungan sekolah selalu terjaga, terutama di pusat kegiatan yang berpusat di GOR (Gelanggang OlahRaga) labuan Bajo yang berpusat di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo. Apalagi di tengah persiapan menyongsong Festival Golo Koe, yang berlangsung dari tanggal, 8-15 Agustus 2022. Festival ini bersifat wisata  Rohani untuk dijadikan pusat kegiatan Rohani Umat , yang bersentuhan dengan kegiatan ekonomi berupa kuliner, seminar, pementasan seni yang bergenre budaya khas Manggarai akan dipentaskan di waterfront city. Kegiatan renungan Rohani dan misa pembukaan dan penutup berlangsung di tempat yang sama juga.

Baca: The Students' Anthusiame in Welcoming Two Foreigner Came to SMKN 1 Satarmese

Lebih menyedot perhatian publik adalah melaksanakan kegiatan di tengah situasi pandemi yang semakin melandai, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 77 tahun 2022. Sangat padat sepanjang kegiatan mulai kunjungan presiden untuk meresmikan berbagai proyek pembangunan strategis nasional, 21-22 Juli 2022 sampai saat ini, semua pikiran, energi dan tenaga seolah olah tersedot untuk menyukseskan tiga agenda besar Manggarai Barat; yaitu Pelaksanaan Jamda, pelaksanaan Festival Golo Koe dan ditutup dengan geliat HUT Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Demikian sekilas informasi tentang persiapan para pembina dan peserta gerakan Pramuka penggalang kwarcab Manggarai Manggarai menuju persiapan sukses pelaksanaan jamda provinsi dan jamnas tahun 2022. Semoga ! Penulis adalah seorang guru kepala SMP Negeri 1 Komodo Manggarai Barat.


Oleh: Fransiskus Ndejeng

Fransiskus Ndejeng, tinggal di jln. Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Soal Jamda IX Kwarda NTT Tahun 2022, Benarkah Sudah Persiapkan Secara Matang

Trending Now

Iklan