Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

10 Cara Menulis Artikel Lengkap dan Lansung Nomor Satu Di Google

Friday, December 10, 2021 | 05:29 WIB Last Updated 2021-12-11T02:33:18Z
10 Cara Menulis Artikel Lengkap dan Lansung Nomor Satu Di Google
Ilustrasi: pngfind


Setiap orang mendambakan tulisan terbaik, berkualitas, mudah, menarik dan lansung di beranda satu google. Namun cara dan tips menulis artikel yang lansung seo tersebut membutuhkan kerja keras, cerdas dan menuntut profesionalitas yang sangat tinggi. 

Seorang penulis (wartawan) lebih khusus pemula berlatih secara terus-menerus. Jurnalis memiliki wawasan luas untuk menulis ide-ide kreatifnya. 

Penulis tahu meracik kata-kata atau kalimat menarik sehingga pengunjung semakin berminat untuk membaca artikelnya.

Berikut 10 cara dan tips menulis artikel yang lansung page one google  yakni: 

1. Menentukan topik viral

Topik yang menarik dan berkualitas sangat diperlukan dalam sebuah artikel. Pastikan tema itu sesuai dengan persoalan yang sedang hangat dibicarakan. 

Untuk memudahkan penentuan topik yang kontekstual, penulis melakukan penelitian terlebih dahulu. Tentukan topik yang diinginkan, menarik dan sedang viral terjadi. Tema juga harus spesifik dan mudah diketahui oleh pembaca. 

Topik dalam artikel membantu anda menulis sesuatu yang orang lain butuh mengetahui hal tersebut.

2. Sudut pandang berbeda dan menarik

 Sudut pandang penulisan sangat penting agar terlihat berbeda. Sudut pandang sering disebut angle. Angle menjadi benang merah untuk menentukan judul yang menarik. Hal yang perlu diperhatikan dalam angle yakni unsur 5W (What, When, Who, Where, Why) + 1H (How).

Artikel dengan angle yang luar biasa membuat tulisan berkualitas dan bermakna sehingga para pembaca merasa ketagihan untuk membacanya. 

3. Mempelajari Referensi

Referensi terkait topik sangat perlu diketahui. Sumber bacaan lain seperti buku, artikel website, jurnal ilmiah atau berita bermaksud agar cakrawala penulis semakin luas dan mampu mengetahui secara menyeluruh topik tersebut. Tentu referensi dapat dipercaya yang dipakai penulis. 

4. Mengumpulkan sumber data

Pengumpulan bahan merupakan salah satu langkah penting dalam menulis berita. Ada tiga hal mengumpulkan bahan yang perlu diperhatikan yakni riset, observasi, dan wawancara.

5. Membuat Kerangka Tulisan

Selanjutnya penulis menentukan kerangka tulisan untuk mengetahui poin-poin penting atau garis besar terkait informasi yang disampaikan. Tulisan disusun secara detail, rapi dan sistematis. Hal yang harus diperhatikan dalam kerangka tulisan yakni analisis masalah, teori, dan hasil penelitian.

6. Isi Tulisan

Artikel yang bermutu terlihat dari isi tulisan yang jelas, benar dan indah agar pembaca mudah memahaminya. 

7. Mengolah Tulisan 

Langkah yang perlu diperhatikan yakni mengolah tulisan secara utuh. Tulisan yang baik selalu memerhatikan struktur yang benar, bahasa yang mudah dipahami, metode yang jelas, tatacara penulisan yang menarik, rumusan ide pokok, dan tujuan penulisan efektif.

8. Gunakan Heading

Banyak ahli atau para pakar menulis artikel best seller di dunia tehnologi. Penggunaan heading merupakan syarat artikel yang baik agar lansung seo google. Heading sangat membantu pembaca untuk mengetahui poin-poin atau gambaran umum dan informasi penting. Tag heading juga bermaksud agar google dan mesin pencari lain sangat mudah untuk mengindex tulisan serta memudahkan pembaca untuk datang ke website atau blog anda. 

9. Mengedit tulisan

Ketika selesai menulis artikel, anda wajib membaca dan mengedit kembali tulisan tersebut. Tujuannya agar tulisan anda semakin sempurna, menarik dan berkualitas. Selain itu, anda mengecek kembali persyaratan media, kesalahan pengetikan dan kekurangan-kekurangan lainnya agar artikel enak dibaca.

10. Rangkuman Singkat

Hal yang penting juga yakni menutup artikel dengan bahasa yang kuat dan meyakinkan pembaca seperti kesimpulan atau rangkuman singkat. Seperti halnya tulisan ilmiah, artikel berita juga perlu menyisipkan isi singkat. 

Semoga 10 cara menulis artikel di atas bermanfaat bagi pembaca sehingga tulisan-tulisan anda berada di beranda satu google. Selamat membaca.....

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 10 Cara Menulis Artikel Lengkap dan Lansung Nomor Satu Di Google

Trending Now

Iklan