Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

"Jumpa Media Bernasindo" Dihadiri Puluhan Mahasiswa: Simak Hasil Diskusi di Sini

Sarfin Fidin
Saturday, March 5, 2022 | 19:30 WIB Last Updated 2022-03-05T13:19:10Z
"Jumpa Media Bernasindo" Dihadiri Puluhan Mahasiswa: Simak Hasil Diskusi di Sini
"Jumpa Media Bernasindo" Dihadiri Puluhan Mahasiswa: Simak Hasil Diskusi di Sini


Media Bernasindo mengadakan diskusi online lewat zoom meeting dengan tema "jumpa media bernasindo", dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia, Kamis, 03/02/2022. 

Kegiatan webinar tersebut dilaksanakan secara daring (zoom meeting) dan dihadiri sedikitnya 30 peserta dan hampir semuanya adalah mahasiswa. Sebagian peserta yang hadir tinggal di Malang dan selebihnya mahasiswa yang tinggal di Kupang, Manggarai dan Denpasar-Bali.

Kegiatan ini dimoderatori Yohanes Angkur (Mahasiswa UNITRI, Malang) dan pematerinya Efremtus Danggur (anggota tim Media BernasINDO.id, Mahasiswa STFT Widya Sasana, Malang). Webinar ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan BernasINDO.id. Tujuannya memperkenalkan media ini kepada semua khalayak Indonesia.

Media Baru?

Dalam pengalaman hidup manusia sehari-hari, perkenalan menjadi langkah manjur agar bisa mengenal orang yang baru kita kenal. Hal yang sama juga dipakai dalam komunitas atau kelompok tertentu. Bagi orang yang baru bergabung dipersilakan untuk memperkenalkan dirinya agar dikenal oleh semua orang atau anggota dari komunitas atau kelompok tesebut.

Secara kronologis (sebagaimana disampaikan pemateri saat webinar) media BernasINDO.id masih tergolong baru. Media ini praktis dilucurkan di penghujung 2021 kemarin oleh Eugen Sardono, dkk. Sehingga team media kemudian menggagas sebuah kegiatan yang berguna agar media ini dikenal. Salah satu maksud diselenggarakannya Webinar bertajuk “Jumpa Media Bernasindo” yakni memperkenalkan media ini agar bisa dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. 

Lantas apakah media bernasINDO.id itu? Pemateri dalam webinar tersebut menjabarkan perihal wawasan umum informasi seputar media bernasINDO.id. Dikatakan bahwa BernasINDO.id merupakan media online yang memuat tulisan-tulisan berkualitas dan terpercaya. Media ini memiliki tema-tema penting terkait berita-berita atau tulisan-tulisan aktual, politik, budaya, bisnis, tour, ekonomi, bisnis, tehnologi, opini dan sastra.

Memantik Antusiasme Menulis

Di era saat ini kita tahu bahwa ada banyak media massa (baik yang cetak maupun yang Online) bermaksud menyajikan/memberikan informasi-informasi dan berita-berita aktual seputar kehidupan sehari-hari. BernasINDO sebagai salah satu media online memiliki optimisme untuk menjajikan berita-berita aktual dan tulisan-tulisan berkualitas, terpercaya dan inspiratif. 

Selain memberikan informasi-informasi dan berita-berita pihak media mengharapkan media menjadi semacam ruang atau tempat untuk mencetusan kreativitas tulis-menulis penggiat literasi. Dalam hal ini, pihak media mempersilakan para penggiat literasi untuk mengirim tulisan-tulisannya, agar bisa dipublikasikan dimedia ini.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa peserta webinar menyampaikan kendala mereka untuk mulai mencoba menekuni literasi. Mereka kemudian berharapan agar dengan adanya webinar mampu memantik antusiasme mereka dalam menulis.   

Setiap media massa (cetak/online) tentu mempunyai kriteria, syarat kelayakan dari tulisan-tulisan yang akan dimuat. Sebelum mengakhiri bahan presentasi, pemateri menyuguhkan hal-hal praktis yang perlu diperhatikan penulis sebelum mengirim tulisannya ke pihak media. Ada empat aspek yang perlu dicermati: Pertama, BernasINDO.id hanya memuat tulisan yang sifatnya otentik. Kedua, tulisan-tulisannya berkisar tema-tema penting seperti politik, budaya, ekonomi, bisnis, tehnologi, sastra, dan opini dengan tema inspiratif. Ketiga, Diharapkan tulisan-tulisan anda dapat memberikan solusi terkait persoalan masyarakat. Keempat. tulisan-tulisannya sesuai dengan visi media yang tertera dalam selogan (bernas untuk perubahan & kemajuan). (ef/rem)


Mau Memuat tulisan di BernasINDO.id?

Silahkan kirim ke redaksibernasindo.id@gmail.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • "Jumpa Media Bernasindo" Dihadiri Puluhan Mahasiswa: Simak Hasil Diskusi di Sini

Trending Now

Iklan