Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Tergantung Pada Perut

Suara BulirBERNAS
Wednesday, October 12, 2022 | 12:14 WIB Last Updated 2023-02-04T06:10:43Z
Tergantung Pada Perut
Tergantung Pada Perut




Oleh: Sil Joni*


Kebutuhan perut, dalam perspektif teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, masuk dalam kategori 'basic need', yaitu kebutuhan fisiologis. Meski berada pada tangga terbawah, tetapi sebetulnya pemenuhan terhadap kebutuhan perut itu sangat menentukan untuk menggapai kebutuhan lainnya. 


Baca: Idealisme Orang Muda "Mati" di Kandang Politik?


Hal ini selaras dengan hipotesis Maslow bahwa setelah individu memuaskan kebutuhan pada tingkat bawah (kebutuhan fisiologis), individu akan tergerak untuk memenuhi kebutuhan pada tingkat berikutnya. Pelbagai kebutuhan itu secara hierarki diurutkan sebagai berikut: "Kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan akan aktualisasi diri".


Menurut Maslow, pemuasan berbagai kebutuhan tersebut didorong oleh dua kekuatan, yakni motivasi kekurangan (deficiency motivation) dan motivasi perkembangan (growth motivation). Secara filosofis, manusia adalah makhluk serba kurang. Sadar akan factum 'kekurangan' itu, maka manusia berjuang keras untuk mengatasi dan melampaui kenyataan tersebut. Tetapi, pada sisi yang lain, manusia memiliki 'naluri untuk bermutasi'. Kita selalu bergerak atau berkembang ke arah yang lebih baik.


Ketika manusia lapar, maka yang dia butuhkan adalah 'makanan', bukan rasa aman, kasih sayang, penghargaan, dan aktualisasi diri. Setelah rasa lapar itu terpuaskan, manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhan berikutnya. Itu berarti manusia tidak bisa eksis jika kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi dengan baik. Boleh dibilang, kehidupan manusia itu bergantung pada 'perutnya'. 


Rasa aman, kasih sayang, penghargaan dan aktualisasi diri, bakal terwujud jika 'perutnya' tidak bermasalah. Perut yang mendapat pasokan nutrisi yang sehat, menjadi garansi untuk mengerjakan aktivitas yang lain.


Baca: Bermazmurlah dan Bernyanyilah Bagi Tuhan


Karena itu, jangan pernah 'meremehkan atau mengabaikan' kebutuhan perut ini. Di tengah kesibukan dalam menjalankan tugas rutin, pelayanan terhadap perut menjadi sebuah keharusan. Terlalu besar ongkosnya jika kita 'absen' dalam melayani perut itu. Perut yang tambun, bisa menjadi bekal tercapainya kehidupan yang makmur.


Manusia tidak hanya hidup dari kata-kata yang keluar dari mulutnya, tetapi juga makanan yang masuk dalam perutnya. Antara apa yang masuk dan apa yang keluar dari tubuh, harus berimbang. Kita tidak mungkin semangat dalam berbicara atau bersabda, jika perut menderita. Untuk itu, idealnya 'makan dulu baru berfilsafat' (primum vivere deinde philosophari).


Namun, tak bisa dihindari bahwa 'perut' juga bisa memicu aksi tidak terpuji seperti korupsi dan masuk dalam lembah prostitusi. Kendati secara kasat mata, perutnya selalu terisi, tetapi entah mengapa dia 'tidak pernah puas' dengan apa yang masuk dalam perutnya. Manusia tergoda untuk 'menumpuk' sebanyak mungkin kekayaan demi melayani 'permintaan perut' tersebut. 


Celakanya, banyak pejabat publik, yang secara ekonomi terlihat cukup mapan, tetapi kerap terjebak dalam 'urusan perut' itu. Mereka berusaha mengakumulasi kapital secara instan dengan memanfaatkan 'jabatan' yang dipegangnya. Kisah penyalahgunaan kekuasaan untuk 'merawat perut', terus menghiasi pemberitaan media di tanah air. Itu berarti, 'urusan perut' dari para elit itu, masih jauh dari kata selesai.


Pada sisi yang lain, gara-gara 'perut', tidak sedikit 'nona cantik' yang masuk dalam lembah prostitusi. Seks menjadi komoditi primadona. Transaksi jual beli 'komoditas seksual' menjadi 'opsi cepat' agar perut tidak menderita kelaparan. Aksi pelacuran juga terjadi dalam dunia akademik. Ada sebagian kaum cendikiawan yang tega 'melacurkan ilmunya' untuk melayani kekuasaan. Pengkhianatan terhadap ilmu itu dibuat tidak terlepas dari dorongan untuk memenuhi permintaan perut itu.


Tegasnya, manusia kadang 'tergoda' untuk menghalalkan segala cara demi melayani perutnya. Pendewaan terhadap 'kebutuhan perut' menyebabkan manusia menabrak nilai lain seperti kejujuran, kebaikan, kebenaran, kerja keras, tanggung jawab dan lain-lain. Perut yang tidak pernah puas, bisa menjadi sumber bencana moral.


Benar bahwa semua manusia butuh makan. Tetapi, manusia tidak hidup untuk makan, melainkan makan untuk hidup. Itu berarti makanan itu mesti didapatkan dengan cara yang benar agar 'apa yang kita makan' benar-benar' mengalirkan kehidupan berlimpah. Makanan yang diperoleh dengan cara 'menabrak etika', alih-alih menghadirkan daya, justru berpotensi mematikan bagi manusia. Batin kita akan menderita seumur hidup jika mengkonsumsi makanan yang 'bermasalah secara moral' tersebut.


Baca: Homo Cantat


Boleh jadi, sadar bahwa 'perut yang tak terkontrol' menghadirkan malapetaka dalam hidup spiritual, maka dalam tradisi agama-agama, puasa menjadi salah satu 'ritual' yang menarik. Dalam dan melalui 'puasa', manusia dilatih untuk 'melawan nafsunya' dalam memenuhi keinginan perut. 


Perut yang terlalu kenyang, membuat orang malas berpikir, dan dalam level tertentu, tak peduli dengan 'kebaikan Sang Waktu'. Ketika manusia 'sukses mengelola perutnya', maka peluang untuk menikmati hidup yang lebih bahagia semakin terbuka. Jadi, kebahagiaan itu, bisa juga ditentukan oleh kecakapan manusia dalam 'mengatur perutnya'.



*Penulis adalah warga Mabar. Tinggal di Watu Langkas.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tergantung Pada Perut

Trending Now

Iklan