Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Renungan Romo Agustinus rame Pr (Part 3)

Suara BulirBERNAS
Tuesday, May 7, 2024 | 08:00 WIB Last Updated 2024-05-07T01:11:09Z

Oleh: RD Agustinus rame Pr


Renungan Romo Agustinus rame Pr (Part 2)
Renungan Romo Agustinus rame Pr (Part 2) (Ilustrasi: google)



MELIHAT BAPA


"Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa" (Yoh 6:46).

Hanya Tuhan Yesus, roti hidup yang turun dari surga, yang telah melihat Bapa yang menciptakan kita manusia dan seluruh alam ciptaan. Hanya dalam Tuhan Yesus dan bersama Tuhan Yesus kita dapat melihat dan mengalami kehadiran Bapa dalam seluruh suka dan duka hidup kita setiap hari.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


MEMPUNYAI HIDUP YANG KEKAL


Baca: Umat Stasi Bawalatang-Paroki Hokeng Mengikuti Misa Pembukaan Bulan Maria dan Prosesi Acara Bunda Maria


"Siapa saja yang makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman" (Yoh 6:54). Kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yesus, roti hidup yang turun dari surga, yang rela mengorbankan tubuh dan darah-Nya supaya kita mempunyai hidup yang kekal. Kita selalu berdoa dan berjuang untuk rela berkorban demi keselamatan kita sendiri, sesama dan alam ciptaan.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


SETIA MENGIKUT TUHAN YESUS


"Kami telah percaya dan tahu bahwa Engkaulah Yang Kudus dari Allah" (Yoh 6:69). Ketika banyak murid Tuhan Yesus mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia karena menilai perkataan-Nya keras, kedua belas murid-Nya tetap setia mengikut Dia. Dalam seluruh suka dan duka hidup kita, kita tetap setia mengikut Tuhan Yesus karena percaya bahwa Dia adalah Yang Kudus dari Allah selalu melindungi dan memberkati kita.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semu


BERSYUKUR DAN BERDOA UNTUK PANGGILAN


"Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya" (Yoh 10:11). Kita bersyukur kepada Tuhan karena Ia tetap memilih dari antara kita orang-orang yang berkenan menggembalakan umat dalam ketergantungan pada Tuhan Yesus, Sang Gembala Baik: yaitu para imam, biarawan/biarawati dan para rasul awam. Semoga mereka tetap bertekun dan setia dalam panggilannya dan tidak menjadi orang upahan yang lari bila serigala datang.

Selamat Hari Minggu Panggilan Sedunia ke-61. Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


Baca: Katolik Roma Tidak Ada Imam Perempuan


TUHAN YESUS PINTU KESELAMATAN


"Akulah pintu. Siapa yang masuk melalui Aku, ia akan diselamatkan dan ia akan masuk dan keluar serta menemukan padang rumput" (Yoh 10:9). Tuhan Yesus adalah pintu masuk ke dalam Kerajaan Allah, pintu masuk ke dalam keselamatan. Dalam doa kita selalu mengetuk pintu hati Tuhan untuk mengucap syukur dan memohon berkat-Nya dalam suka dan duka hidup kita setiap hari.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


KESAKSIAN MELALUI PEKERJAAN YANG BAIK


"Yesus menjawab mereka: Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya. Pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberi kesaksian tentang Aku" (Yoh 10:25). Kepada semua orang termasuk orang-orang Yahudi yang bimbang tentang Tuhan Yesus sebagai Mesias, Tuhan Yesus memberikan kesaksian bahwa Dia adalah Mesias melalui pekerjaan-pekerjaan baik yang dilakukan-Nya dalam nama Bapa. Kepada sesama dan alam ciptaan kita memberikan kesaksian bahwa kita adalah pengikut Tuhan Yesus melalui pekerjaan-pekerjaan baik yang kita lakukan dalam nama-Nya.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua


MENYELAMATKAN


"Jikalau seseorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menghakiminya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya" (Yoh 12:47). Tuhan Yesus memberikan teladan bagi kita untuk tidak menghakimi dunia, tidak menghukum sesama, melainkan untuk menyelamatkannya. Kita berdoa dan berjuang untuk menyelamatkan dunia, menyelamatkan sesama dengan lebih memperhatikan hal-hal yang baik pada dunia, pada sesama.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


MENULIS INJIL, MENULIS KEBAIKAN


"Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum" (Mrk 16:16). Santo Markus yang telah percaya kepada Tuhan Yesus, telah menulis Injil, menulis kebaikan, telah diselamatkan, telah menjadi orang kudus. Kita berdoa dan berjuang supaya kita yang sudah percaya dan dibaptis tetap setia menulis Injil, menulis kebaikan, melakukan kebaikan dalam hidup dan karya kita setiap hari. Selamat Pesta Santo Markus, Penulis Injil. Tuhan setia melindungi dan memberkati, Santo Markus setia melindungi dan mendoakan kita semua.



MENYEDIAKAN TEMPAT BAGI KITA


"Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab, Aku pergi untuk menyediakan tempat bagimu" (Yoh 14:2). Kita bangga dan bersyukur kepada Tuhan Yesus yang sungguh mengasihi kita, menyediakan tempat bagi kita dalam kehidupan kekal di surga. Tugas kita adalah selalu percaya kepada-Nya, selalu mengandalkan Dia dalam seluruh suka dan duka hidup kita setiap hari.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua


MENGENAL DAN MELIHAT ALLAH BAPA


"Jika kamu mengenal Aku, kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia" (Yoh 14:7). Sejak menerima Sakramen Permandian, kita sudah mengenal dan sudah melihat Allah Bapa dalam diri Tuhan Yesus. Tugas kita sekarang adalah berdoa dan berjuang untuk tetap setia mengikuti rencana dan kehendak Allah Bapa dalam diri Tuhan Yesus.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


Baca: Kumpulan Renungan Romo Agustinus Rame Pr (part 2)


POKOK ANGGUR, POKOK KEBAIKAN


"Akulah pokok anggur dan kamulah cabang-cabangnya. Siapa yang tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa" (Yoh 15:5). Tuhan Yesus mengakui diri-Nya sebagai pokok anggur, pokok kebaikan dan kita semua adalah carang-carang kebaikan-Nya. Kita berdoa dan berjuang untuk selalu tinggal di dalam Dia dan Dia di dalam kita supaya dapat menghasilkan buah-buah kebaikan dalam hidup kita setiap hari.

Selamat Hari Minggu Paskah V. Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


ROH KUDUS MENOLONG KITA


"Namun, Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu" (Yoh 14:26). Kita bangga dan bersyukur kepada Tuhan karena kita sudah menerima Roh Kudus sejak menerima Sakramen Permandian dan secara khusus dalam Sakramen Krisma. Kita berdoa dan berjuang untuk selalu mengikuti bimbingan Roh Kudus yang menolong kita untuk mengingat dan melakukan semua yang diajarkan Tuhan Yesus kepada kita.


Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.


JANGANLAH GELISAH DAN GENTAR HATI


"Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan Aku memberi kepadamu tidak seperti dunia memberi. Janganlah gelisah dan gentar hatimu" (Yoh 14:27). Kita bangga dan bersyukur kepada Tuhan yang memberikan berkat, memberikan damai sejahtera-Nya kepada setiap kita. Kita berdoa dan berjuang untuk selalu hidup dalam damai sejahtera-Nya, sehingga kita tidak gelisah dan gentar menghadapi tantangan dalam hidup kita setiap hari.

Tuhan setia melindungi dan memberkati kita semua.



BERSAMA BUNDA MARIA


Dalam perlindungan dan berkat Tuhan serta doa restu Bunda Maria, kita sudah berada dalam bulan Mei, bulan Doa Rosario Bergilir Bersama Bunda Maria. Bersama Bunda Maria kita juga mendoakan ujud-ujud Gereja. Ujud Gereja Universal: Formasi para religius dan calon imam - Semoga para biarawan dan biarawati, serta para imam, tumbuh dalam panggilan mereka sendiri melalui pembinaan pribadi, pastoral, spiritual dan komunitas, sehingga mereka mampu menjadi saksi Injil yang kredibel. Ujud Gereja Indonesia: Content creator dan influencer - Semoga para content creator dan influencer mampu memproduksi konten-konten yang mengandung pesan positif, kejujuran, dan membangun persatuan.

Tuhan setia melindungi dan memberkati, Bunda Maria setia melindungi dan mendoakan kita semua.


SUKACITA KITA MENJADI PENUH


"Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh" (Yoh 15:11). Tuhan Yesus yang memiliki sukacita menghendaki supaya sukacita-Nya ada di dalam kita dan sukacita kita menjadi penuh. Supaya sukacita Tuhan selalu ada di dalam kita dan sukacita kita menjadi penuh, marilah kita melaksanakan perintah-Nya untuk saling mengasihi.

Tuhan setia melindungi dan memberkati, Bunda Maria setia melindungi dan mendoakan kita semua

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Renungan Romo Agustinus rame Pr (Part 3)

Trending Now

Iklan