Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Cara Paling Jitu Menangkap Ribuan Katak dalam Waktu Singkat

Sarfin Fidin
Monday, January 31, 2022 | 16:29 WIB Last Updated 2022-02-01T05:52:21Z

 

Cara Paling Jitu Menangkap Ribuan Katak dalam Waktu Singkat
Ilust. hewanpedia


Katak dikenal sebagai binatang yang bisa hidup di dua alam yakni di air tawar dan daratan. Dagingnya memiliki gisi yang sangat tinggi dan enak dimakan. Bagi yang belum menikmatinya, baiklah untuk mencobanya, pastilah enak rasanya. 

Cara menangkap sejumlah katak dimaknai sebagai seni yang dapat memberikan suasana gembira bagi sebagian penduduk di pedesaan ataupun di perkotaan. Orang-orang biasanya mengetahui waktu dan tempat hidupnya. Selain di kali atau sungai, katak biasanya banyak berkeliaran di sawah pertanian.

Baca: Desa Mata Air dan Keindahan Pantai Sulamanda

Binatang amfibi tersebut mulai bermunculan dalam jumlah yang sangat banyak saat matahari sudah terbenam. Pada malam hari inilah, ribuan katak berkeliaran di persawahan yang baru saja selesai dibajak dengan gunakan kerbau. 

Para petani sawah mengetahui dengan baik hal tersebut karena mereka sangat dekat dengan alam. Bagaimana cara menangkapnya supaya tangkapannya dalam jumlah banyak? Caranya sangat mudah, anda perlu membaca artikel ini sampai selesai supaya bisa dipraktekkan dalam kehidupan anda sehari-hari. 

Pertama, pada malam hari, anda pergi ke sawah yang baru saja selesai dibajak. Biasanya, sejumlah katak suka berkeliaran saat tidak ada matahari. 

Baca: Alam Manggarai dan Ngkiong

Anda membawa tempat penyimpanan hasil tangkapan, seperti ember. Selain ember, anda juga membawa parang, senter, dan kayu kecil dengan ukuran hampir semeter.

Kedua, ketika tiba di sawah, anda bergegas dan mencari katak-katak yang sedang berkeliaran pada malam itu. Anda berjalan di pematang atau di petak sawah sambil nyalakan senter. Tatkala menemukan katak-katak itu, anda memanahkan sentermu tepat pada katak tersebut. Memanah cahayanya tepat sasar agar katak tidak melarikan diri. 

Baca: Arti Hidup, Misteri Hari Esok, Hidup Bahagia, Cinta Abadi (Antologi Puisi Nasarius Fidin)

Katak tidak bergerak bila terkena cahaya terang atau senter. Apakah itu salah satu kelemahan binatang tersebut, belum bisa dipastikan. Namun kenyataannya, dia tetap tenang di tempat jika dipanah dengan cahaya senter. 

Ketiga, tatkala menemukan katak itu, tugas anda yakni memukulnya dengan kayu di tangan anda atau menangkapnya karena dia gak lompat ke sana kemari. Setelah memukul atau menangkapnya, anda mengambil dan menyimpannya di ember. 

Anda melakukan cara-cara yang sama bila mau menangkap banyak. Tatkala embermu sudah penuh terisi, anda boleh pulang ke rumah. Sejumlah katak, hasil tangkapanmu pasti disambut dengan senyum suka cita oleh istri dan anak-anak di rumah.

Baca: Agama, Dosa dan Ketawa

Menangkap banyak ataupun sedikit yakni salah satu cara anda membahagiakan keluarga. Kebahagiaan ditemukan, bisa dengan melakukan hal-hal kecil, seperti yang anda lakukan. Ketulusan hati dan cinta yang besar bisa diungkapkan dengan cara yang sangat sederhana.

Demikianlah cara atau tips menangkap sejumlah katak yang bisa anda pelajari dan praktekkan dalam kehidupan anda. (er/bi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Paling Jitu Menangkap Ribuan Katak dalam Waktu Singkat

Trending Now

Iklan