Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Pengumuman Hasil Kelulusan dan Perkembangan SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo

Thursday, June 16, 2022 | 14:38 WIB Last Updated 2022-06-16T07:40:39Z
 
Pengumuman Hasil  Kelulusan dan Perkembangan SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo
Pengumuman Hasil  Kelulusan dan Perkembangan SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo
 
BerasINDO.id. Labuan Bajo-Tepat pada hari ini, Rabu, 15 Juni 2022, secara Nasional diumumkan kelulusan para siswa/ siswi tingkat SD dan sederajat, dan SMP/ MTs, dan sederajat. Pengumuman  dilakukan secara serentak di seluruh negeri secara tatap muka langsung ( nonvirtual), atau pun secara virtual, tergantung pada masing-masing daerah kabupaten kota, dan sekolah. 
 
Untuk pengumuman siswa/ siswi SMP Negeri 1 Komodo,pada hari ini,  dari 242 orang siswa/siswi, yang ikut sebagai peserta didik untuk Ujian Akhir Sekolah( UAS), tahun ini, semuanya dinyatakan lulus 100%. Diumumkan secara luring dan atau secara non virtual, dengan metode tatap muka langsung di halaman sekolah, di bawah pohon yang asri, sejuk dan rindang. 
 
 
Persyaratan ujian sekolah bagi peserta didik pada masa pandemi covid-19, yang menyerang dan  mewabah hampir sejagat, terhitung akhir tahun 2019, dan memasuki negara kesatuan Indonesia, pada awal tahun tahun 2020,tepat  sekitar bulan Maret. 
 
Namun, secara normal sistem pembelajaran di SMP Negeri 1 Komodo; memasuki tahun 2022, sejak bulan Januari sampai saat ini, telah berlangsung sistem pembelajaran tatap muka nonvirtual, setelah suasana pandemi covid-19, melandai. Sistem pembelajaran tatap muka membuat para siswa umumnya dan siswa siswi kelas 9, sebanyak 242 orang, dapat mengikuti ujian akhir sekolah secara virtual( online), sejak tanggal 18-22 April 2022 yang lalu.  Perincian jumlah data siswa SMP Negeri 1 Komodo, menurut jenis kelamin, terdiri dari laki-laki sebanyak 109 orang siswa dan siswi perempuan sejumlah 131 orang siswi. Data menurut keagamaan, dari sebanyak 242 orang siswa, jumlah yang penganut agama katolik 166 orang; yang terdiri dari laki-laki 83 orang siswa,dan perempuan 83 orang siswi. Peserta didik yang beragama Islam sebanyak 58 orang siswa, yang terdiri dari laki-laki 23 orang, dan perempuan sebanyak 35 orang siswi. Siswa beragama Kristen Protestan, terdiri dari laki-laki sebanyak 7 orang siswa, dan perempuan terdiri dari 8 orang siswi. Dan, yang beragama Hindu terdiri dari 3 orang siswa, yang terdiri dari laki-laki seorang dan dua orang siswi.
 
Dari data wawancara penulis dengan para siswa, untuk tamatan SMP Negeri 1 Komodo, tahun pelajaran 2021/2022, ini, sekitar 50% siswa memilih melanjutkan  pendidikan ke jenjang SMK di kota Labuan Bajo dan di kabupaten lainnya. Sisanya, memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan sekolah  menengah atas( SMA ), baik negeri maupun swasta yang terdapat di kota labuan Bajo, maupun di tempat lainnya. 
 
 
SMP Negeri 1 Komodo, yang terletak di jantung kota Super Premium, Labuan Bajo,  sebagai sekolah tertua di Kabupaten Manggarai Barat, berusia 54 tahun, 2022 ini, telah menghasilkan seorang pemimpin daerah, yaitu bapak dr. Yulianus Weng, S.KM, sebagai wakil Bupati Manggarai Barat periode 2021-2024.  Berpasangan dengan Bupati Manggarai Barat saat ini, Bapak Editasius Endi, S.E.  Masih muda dan energik untuk membangun daerah ini dalam kurun waktu 5 tahun masa  pemimpinannya. 
 
Dengan spirit kepemimpinan sekolah berdasarkan visi dan misi, yaitu “ Terwujudnya warga sekolah yang berakhlak mulia, berkarakter, berbudaya, berprestasi, dan berwawasan Lingkungan”. Dengan misi, yaitu pertama, menanamkan kebiasaan untuk rajin belajar di sekolah dan di rumah, kedua, menciptakan lingkungan bersih, sehat, bermartabat, dan berbudaya. Ketiga, melaksanakan program akademik yang konsisten sesuai dengan perkembangan IPTEK. Keempat, melaksanakan program ekstrakurikuler yang unggul dan bermanfaat. Kelima, mewujudkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Keenam, mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Ketujuh, mengembangkan nilai-nilai karakter budaya lokal, tata krama, sopan santun dan berjiwa pancasilais. Kedelapan,  Menerapkan penguatan pendidikan karakter, religius, nasionais, gotong royong, mandiri dan integritas.
Dari dasar pijak pengaturan manajemen sekolah dari Kepala SMP Negeri 1 Komodo, dalam dokumen perencanaan, program, dan pelaksanaan program sekolah; yang meliputi delapan standar nasional pendidikan selama ini;  senantiasa berpedoman pada visi dan misi sekolah. Sejak memimpin tonggak kepemimpinan sekolah tahun 2017- sampai saat ini. Seperti tertuang dan termuat dalam Rencana Kerja Jangka Menengah ( RPJM) sekolah, dan tersirat dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( RKAS) sekolah SMP Negeri 1 Komodo, periode pertama 2017-2020, dan revisi periode  kedua 2021-2024. 
 
 
Menurut pengamatan dan pemantauan penulis, selaku seorang manajerial di SMP Negeri 1 Komodo, selama ini, aktivitas guru dan tata usaha, serta clining service di sekolah, berjalan sesuai manajemen yang baik dan benar. Setiap melakukan kegiatan pembelajaran di ruang-ruang kelas, selalu diawali dengan pelaksanaan program Musyawarah Guru Mata Pelajaran( MGMP), bekerjasama dengan pengawas binaan sekolah dari dinas pendidikan dan kepemudaan dan olahraga. Dilakukan pada awal tahun pelajaran baru, setelah kegiatan PPDB ( Pendaftaran Peserta Didik Baru ) dan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah( MPLS) di sekolah. Sebelum para guru masuk ruang KBM ( kegiatan Belajar Mengajar ), para guru profesional wajib menyiapkan perangkat pembelajaran yang telah ditentukan dalam MGMP dan tuntutan administrasi kurikulum sekolah secara nasional, dan dijabarkan di setiap sekolah di seluruh negeri ini. 
 
Dari data guru dan pegawai tata usaha dan clining service di SMP Negeri 1 Komodo; yang berjumlah total, sebanyak 80 orang. Terdiri dari 68 orang guru, meliputi 49 orang guru sertifikasi, dan sebanyak 19 orang guru nonsertifikasi. Terdiri dari status guru Komite dan guru Tenaga Kontrak Daerah. Jumlah pegawai yang menghendel administrasi kepegawaian, administrasi bagian kurikulum dan kesiswaan serta perpustakaan, sarpras ,  sebanyak 22 orang. PNS dua orang, dan selebihnya adalah pegawai tidak tetap Komite Sekolah. Semuanya, dibiayai dari sumber dana BOS, baik guru tidak tetap( GTT) maupun pegawai tidak tetap(PTT). 
 
Jumlah siswa SMP Negeri 1 Komodo, per 31 Mei 2022, berjumlah 806, berdasarkan sumber data dapodik sekolah. Sesuai data menurut jenis kelamin, putra sebanyak 425 orang dan putri sebanyak 381 siswi. Data menurut penganut agama, terdiri dari yang beragama Katolik sebanyak laki-laki 283, dan perempuan sebanyak 250. Siswa Penganut agama Islam sebanyak 233 orang, yang terdiri dari 122 laki-laki dan 111 perempuan. Siswa penganut agama Kristen protestan sebanyak 33 orang yang terdiri dari 27 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswi perempuan. Dan, siswa penganut beragama Hindu, sebanyak 7 orang, yang terdiri dari 3 laki-laki dan 4 orang perempuan.
 
Branding sekolah, SMP Negeri 1 Komodo, Labuan Bajo, adalah implementasi Seni Budaya sebagai genre local destinstion wisata premium, adalah “ Sanggar Uma Rana”. Sebagai salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Komodo. Biasa dipentaskan ketika ada moment-moment penting di daerah yang berkaitan dengan permintaan para tamu, baik domestik maupun mancanegara. Baik kepentingan perlombaan dan kepentingan hajatan di daerah selama ini. Sanggar ini selalu bekerjasama dengan pemerintah daerah, seperti dengan dinas pariwisata dan ekonomi kreatif. Juga, dengan Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo, Flores ( BPOPLF). Tahun lalu, 2021, dua orang guru Seni dan Seni Bahasa, dari Sanggar Uma Rana, yaitu ibu Margareta Mur, S.Pd dan dan ibu Maria Yosefina Murni, S.Pd; mengikuti pelatihan atau semacam workshop selama dua pekan untuk merajut perangkat seni ala budaya  Manggarai Barat ataupun Manggarai Raya, dalam bentuk Mbero,  Bali Belo, dan Retu. 
 
Dengan demikian, dari perkiraan data tamatan dari SMP Negeri 1 dan sebelumnya, adalah SMP Swasta Diakui Tanjung Harapan, sejak berdiri tahun 1968, sampai saat ini, telah menamatkan 14.000 lebih alumni, terhitung tamatan tahun ini, sepanjang 54 tahun dalam perjalanan Napak tilas dan  sejarah pendidikan di wilayah Manggarai Barat.
 
 
Dari pengalaman sejarah pendidikan dan Masa Kepemimpinan kepala sekolah, SMP Tanjung Harapan dan SMP Negeri 1 Komodo, dari masa ke masa, kepala sekolah yang telah menahkodai SMP Negeri 1 Komodo, antara lain. Kepala SMP Tanjung Harapan perdana, Bapak  Raymundus Ratung( 1968-1975). Kepala SMP Tanjung Harapan kedua, Bapak Alexius Harum( 1976-1981). Kepala Sekolah ketiga, Bapak John Bey Gibbons, BA( 1981-1995). Kepala sekolah keempat, Bapak Syukur Stefanus ( 1995-2004). Kepala Sekolah kelima, Bapak Drs. Paulus Hansko( 2005-2008). Kepala Sekolah keenam, Bapak Donatus Jahan, S.Pd ( 2009-2016), dan Kepala Sekolah ketujuh, Bapak Fransiskus Ndejeng, M.Pd.( 2017-2023). 
 
Semoga, dari tahun ke tahun, SMP Negeri 1 Komodo, semakin bergeliat dalam pengembangan SDM bermutu untuk kepentingan daerah, nasional yang kita cita-citakan untuk mencapai masyarakat yang adil , cerdas dalam bidang teknologi, literasi, numerasi, dan sains, dan digitalisasi, serta berkarakter sesuai visi misi sekolah  di atas. Hasil asesmen Nasional tahun 2021, sebagai alat ukur untuk pemetaan mutu sekolah  sesuai Rapor Mutu yang dinyatakan dalam angka-angka kualitatif dan kuantitatif, SMP Negeri 1 Komodo, tentu, akan terus  berusaha lebih baik lagi  dari tahun kemarin. Semoga! 
 
Penulis: Fransiskus Ndejeng
 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengumuman Hasil Kelulusan dan Perkembangan SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo

Trending Now

Iklan