Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Adven: Masuk Dalam Waktu Maria

Suara BulirBERNAS
Sunday, December 4, 2022 | 12:58 WIB Last Updated 2023-02-04T03:03:02Z

 

Adven: Masuk dalam Waktu Maria
Adven: Masuk dalam Waktu Maria



Merayakan Adven berarti: menjadi Maria, masuk ke dalam persekutuan 'Ya' Maria, selalu baru yang adalah ruang untuk kelahiran Allah, untuk kepenuhan waktu, sebut Paus Emeritus Benediktus XVI. Adven adalah masa Maria dalam banyak hal, mulai dari mempersiapkan kelahiran Yesus hingga merayakan pesta-pesta seperti Maria Dikandung Tanpa Noda.


Baca: Sah! Sejumlah 48 Anak Se-Paroki Todo menerima Yesus Kristus, Tuhan dan Juru Selamat


Dalam surat apostoliknya Rosarium Virginis Mariae (Rosario Mahakudus), St. Yohanes Paulus II menulis, “Di antara semua makhluk, tidak ada yang mengenal Kristus lebih baik selain Bunda Maria; tidak ada yang bisa memperkenalkan kita pada pengetahuan mendalam tentang misteri-Nya lebih baik daripada Ibu-Nya.


Hal yang sama dikemukakan oleh Mark Miravalle, Ph.D., profesor teologi dan Mariologi di Franciscan University of Steubenville, Ohio, yang mengatakan bahwa tidak mungkin merayakan Adven tanpa wanita yang membuatnya menjadi mungkin. Bunda Maria di Masa Adven pergi ke seluruh akar dari apa yang dirayakan Adven – kedatangan Yesus, kata Miravalle. 


Adven adalah waktu untuk lebih sepenuhnya diilhami oleh perintah Maria yang indah — Jadilah padaku menurut perkataanmu (Lukas 1:36).


Baca: Berjalan Bersama, Bersama Bersukacita


Perintah Maria dan liturgi yang kita rayakan selama masa Adven ini mengingatkan kita bahwa pemberian terbesar yang dapat kita berikan adalah hadir bagi orang lain tanpa upah berupa karunia iman dengan membagikan Injil dan kasih karunia kepada orang lain. Melihat Kristus di wajah orang-orang yang kita jumpai.


Dalam seruan apostolik Marialis Cultus, Paus Paulus VI menulis, “Liturgi Adven menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam persiapan yang lama menjelang kedatangan pertama Penebus dan membaharui di dalamnya kerinduan akan kedatangan-Nya yang kedua.


Baca: Sulung “Sang Perintis” Dari Nusa Cendana Untuk Misi Seluruh Dunia: “Belis” Tidak Hilang!


Itulah mengapa Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda 8 Desember  di masa Adven juga merupakan persiapan mendasar bagi kedatangan Tuhan ke dunia dan awal bahagia Gereja tanpa noda. Maka, mempersiapkan "kandang hati" kita adalah cara alami yang dapat kita lakukan untuk lebih intim menyambut Kelahiran Yesus.



Jakarta, December 2022

Garsa Bambang, MSF

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Adven: Masuk Dalam Waktu Maria

Trending Now

Iklan