Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Kalah Dramatis dari Kroazia, Banyak Yang Belum Tahu Fakta Menarik Warga Brasil Selama Pildun Qatar 2022

Suara BulirBERNAS
Saturday, December 10, 2022 | 14:46 WIB Last Updated 2023-02-02T10:33:10Z
Kalah Dramatis dari Kroazia, Banyak Yang Belum Tahu Fakta Menarik Warga Brasil Selama  Pildun  Qatar 2022
Kalah Dramatis dari Kroazia, Banyak Yang Belum Tahu Fakta Menarik Warga Brasil Selama  Pildun  Qatar 2022



BernasINDO.id - *Hari ini timnas Brasil harus meninggalkan Qatar karena menelan kekalahan dari Kroasia dalam drama adu pinalti.* 


Semua pendukung Brasil bersorak ketika Neymar memasukkan bola di menit penambahan waktu. Brasil seperti sudah berada di atas angin segar melangkah ke semifinal. Namun kurang dari lima menit sebelum waktu habis, Brasil kebobolan hingga akhirnya hasil akhir ditentukan oleh adu pinalti.


Baca: Erling Haaland Lebih Hebat dari Cristiano Ronaldo, Kok Bisa?


Jika sepak bola saja penuh dengan misteri dan keajaiban beberapa menit ke depan, betapa lagi hidup kita sehari-hari. Demikian kita bisa melihat bahwa hitungan menitpun kita tidak tahu apa yang terjadi. Misteri itu hanya akan kita pahami dan kita bisa terima kalau kita beriman. 


Setelah drama adu pinalti berakhir semua merasa sedih karena sangat berharap Brasil menjadi juara piala dunia yang ke-6 kalinya. Namun di tengah kesedihan itu ada sebuah celektuk dari seorang romo Paroki yang berbunyi demikian, "Syukur pada Allah. Berarti hari minggu depan saya tidak bingung mengubah jadwal misa. Karena jika Brasil berada di final, jadwal misa harus diubah karena tidak ada yang akan datang ke gereja". 


Baca: Winger Baru Barcelona, Raphinha Menyindir Tim Rival Abadinya Real Madrid


Sekilas, bagi anda yang tak mengerti kisah sepak bola Brasil akan merasa aneh dengan komentar itu. Masa sampai segitunya?? Tapi itulah kenyataan yang terjadi ketika piala dunia berlangsung. Ketika timnas Brasil sedang bermain hampir semua aktivitas di Brasil berhenti. Karyawan akan pulang sebelum waktunya, murid sekolah tidak akan datang ke sekolah jika itu pas jam sekolah, kuliah akan libur dengan sendirinya dan semua aktivitas lainnya seakan berhenti semua. Di setiap kota, kabupatan, desa dan pusat-pusat perkumpulan manusia, disediakan sarana nonton bersama yang dihadiri ratusan ribu orang. Sulit mengumpulkan orang sebanyak itu kalau bukan karena piala dunia. Di Brasil sepak bola adalah jiwa, bahkan lebih boleh dikatakan lebih dari sebuah agama. Ia tidak bisa dipisahkan dari hal-hal spiritual.


Baca: Reaksi Real Madrid Soal Pernyataan Robert Lewandowski Seusai Gabung Barca


Kekalahan Brasil adalah kesedihan mendalam bagi masyarakat Brasil. Hari ini dan beberapa hari kedepan kami akan terus mengingat hal ini.



Oleh: Kardiaman Simbolon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalah Dramatis dari Kroazia, Banyak Yang Belum Tahu Fakta Menarik Warga Brasil Selama Pildun Qatar 2022

Trending Now

Iklan