Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Solidaritas Keluarga Besar SMAS Syuradikara Ende Untuk Pengungsi Bencana Letusan Gunung Lewotobi

Suara BulirBERNAS
Sunday, February 4, 2024 | 12:56 WIB Last Updated 2024-02-04T06:50:52Z

Oleh: RP. Stefanus Dampur SVD*)


Solidaritas Keluarga Besar SMAS Syuradikara Ende Untuk Pengungsi Bencana Letusan Gunung Lewotobi
Solidaritas Keluarga Besar SMAS Syuradikara Ende Untuk Pengungsi Bencana Letusan Gunung Lewotobi




Akhir pekan yang berbeda, Sabtu, 3 Februari 2024. Waktu di dinding kamar saya di Pastoran Hokeng menunjukkan pkl. 16.08 WITA. Saya mendengar mesin mobil yang menderu. Ternyata group dari SMAS Syuradikara Ende di bawah pimpinan Pater Micky K. Bani, SVD, tiba di Hokeng.


Baca: Yang Datang dan Yang Pergi (Catatan Jelang "Serah Terima Jabatan Kepala SMK Stella Maris")


Ada 2 mobil pick-up penuh dengan barang. Di dalamnya juga ada penumpang 12 orang. Dua Pastor, Pater Micky Bani, SVD dan Pater Naris Tonbesi, SVD. Ada seorang Frater TOP yakni: Frater Jhon Fischer, SVD. Ada Pembina OSIS: Pak Herman Batena dan Pak Kristo Balun (Pembina MPK). 


Ada Pak Eto Kwuta, berperan sekaligus sebagai sopir. Sementara itu, ada siswa SMAS Syuradikara yang turut hadir: Rian Lamanele (Ketua OSIS), Rio Lawek, Jersey Jago, dan Ken Kanavaro.


Siswi Syuradikara yang ikut dan  terlibat mengantarkan sumbangan sampai di Paroki Hokeng yakni: Novrin Odje (Bendahara OSIS), Judieth Genstala, dan Dini Kedang (yang keluarganya terkena dampak erupsi dan letusan gunung berapi Lewotobi). Semua yang datang ke Pastoran Paroki Hokeng adalah siswa kelas 11 atau kelas 2 SMAS Syuradikara Ende. 


Beristirahat di Pendopo Pastoran Paroki Hokeng


Maklum perjalanan lumayan jauh. Dari Kabupaten Ende ke Kabupaten Flores Timur. Jika ada yang pusing bahkan mabuk kendaraan (mobil), itu tidak masalah. Bagi saya, itu mekanisme kerja tubuh yang normal. Itu merupakan sinyal bahwa tubuh butuh diperhatikan karena ada bagian yang perlu diobati.


Baca: Romo Ignasius Azavedo Viares, Kepala SMK Stella Maris yang Baru


Mereka jeda sejenak di Pendopo Tamu Pastoran Paroki Hokeng. Kami dan mereka, saling mengucapkan 'Salam jumpa"./; "Terima kasih atas kehadiran"; "Terima kasih kepada Pater Micky Bani, SVD yang masih ingat orang Hokeng. Tetamu dari Ende ini diterima dengan sangat ramah oleh Tim Pastor yakni: Pater Maxi Seno, SVD, Pater Domi Suban, SVD, Pater Yoakim Sina, SVD dan Pater Stef Dampur, SVD serta wakil umat, Ketua Pengurus DPP Paroki Hokeng, Bapa Matias Tiba.


Serah Terima Sumbangan di Depan Posko SVD Ende, SSpS dan TRUK-F di Aula Paroki SAMARASA (SAnta MAria RAtu Semesta Alam) Hokeng Keuskupan Larantuka.


Mewakili Tim dari SMAS KATOLIK  SYURADIKARA Ende, Pater Micky Bani, SVD, menyampaikan untaian isi hatinya: "Salam dari Kepala SMAS KATOLIK SYURADIKARA ENDE, Bruder Chris Riberu, SVD. Meskipun Beliau bernama Riberu, namun Bruder Chris bukan orang Flores Timur tetapi orang Ngalupolo-Wolotopo-kabupaten Ende". Hal ini disambut gelak tawa audiens. Lebih lanjut, Pater Micky, SVD menyampaikan bahwa barang-barang yang disumbangkan oleh keluarga besar SMAS Syuradikara Ende untuk pengungsi bencana alam letusan gunung berapi Lewotobi merupakan bentuk rasa solidaritas dari para guru, tenaga kependidikan dan dari 1053 siswa-siswi SMAS KATOLIK SYURADIKARA ENDE.


 "Sedikit sumbangan yang kami kumpulkan, kami berikan kepada Bapak/ibu/saudara/ saudari kami yang menjadi korban erupsi dan letusan gunung berapi Lewotobi. Mohon maaf, jika apa yang kami berikan ini ternyata tidak memuaskan penerima. Inilah wujud rasa solider kami yang bisa kami buat. Semoga bisa diterima dan digunakan dengan baik. Sekali lagi atas nama Kepala SMAS KATOLIK SYURADIKARA ENDE, para guru dan tenaga kependidikan serta semua siswa-siswi SMAS Katolik Syuradikara, kami mengucapkan limpah terima kasih kepada Tim Pastor, DPP dan segenap umat Paroki Hokeng".


Lalu, Pater Maxi Seno, SVD mewakili Tim Pastor mengucapkan limpah terima kasih atas wujud nyata solidaritas dari keluarga besar SMAS Katolik Syuradikara Ende atas perhatian dan kasih nyata kepada umat Paroki Hokeng yang juga terdampak bencana alam erupsi dan letusan gunung berapi Lewotobi laki-laki. "Kami berterimakasih atas rasa solidaritas dari Kepala SMAS Katolik Syuradikara Ende, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga para siswa-siswi yang sejak dini telah belajar bersolider dengan mereka yang menderita dan kesusahan. Ini pengalaman menarik dan berkesan. Mohon sampaikan ucapan terima kasih tulus kami kepada Kepala Sekolah, para guru, pegawai dan semua siswa-siswi SMAS KATOLIK SYURADIKARA ENDE. Sekali lagi, terima kasih Pater Micky, SVD, Pater Naris, SVD, Frater, para guru, pegawai dan anak-anak Syuradikara yang bisa sampai di Hokeng. Pater Micky besok, Minggu (4/2/24) misa di Stasi Boru Kedang sedangkan Pater Naris, SVD akan pimpin misa di Stasi Sukutukang, Paroki Hokeng. Terima kasih".


Baca: Dari "Guru Medioker" ke 'Guru Hebat' (Sebuah Autokritik)


Sambutan Pater Maxi Seno, SVD ini mengantar kami ke ke depan Aula Paroki Hokeng untuk melakukan ritus sederhana: "Serah Terima Barang dan Uang Sumbangan" Barang-barang untuk para pengungsi (diatur oleh Tim JPIC SVD ENDE dan SSPS serta TRUK-F sedangkan uang yang diberikan dengan tujuan untuk merehab atap dan plafon kamar makan Pastoran Paroki Hokeng yang sudah rusak parah.


Sesi Wawancara Langsung


Pada kesempatan istimewa tersebut, wartawan dari SMAS Syuradikara Ende mewawancarai Pater Maxi Seno, SVD dan Ketua Pelaksana DPP Paroki Hokeng. Isi wawancara mereka seputar tanggapan atas bencana dan pesan serta ucapan terima kasih tulus kepada insan SMAS Katolik Ende atas solidaritas yang kentara, yang telah mereka tunjukkan kepada umat Paroki Hokeng lewat Posko Bencana JPIC PROVINSI SVD ENDE. 


Dari relung hati terdalam, atas nama para pihak di Paroki Hokeng, sekali lagi, kami mengucapkan limpah terima kasih Pater Micky Bani, SVD (mantan Pastor Rekan Paroki Hokeng) dan semua Imam, Bruder, Frater, Kepala Sekolah, para guru dan pegawai serta semua siswa-siswi SMAS Katolik Syuradikara Ende. Kalian benar-benar sebagai "Pencipta Pahlawan Utama di masa lalu, kini dan nanti". 


Bravo SMAS Katolik Syuradikara Ende. Tetap jaya di udara, darat, laut dan seluruh universum.

Semoga Tuhan memberkati lembaga SMAS KATOLIK SYURADIKARA ENDE ini dan semua insan yang ada, hidup, berkarya serta terlibat aktif dalam menumbuhkan, mengembangkan dan memajukan lembaga ini, demi kemuliaan nama Tuhan dan kebahagiaan serta keselamatan sesama manusia (**)




*) Penulis adalah tuan rumah, penerima tamu dari SMAS KATOLIK SYURADIKARA ENDE.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Solidaritas Keluarga Besar SMAS Syuradikara Ende Untuk Pengungsi Bencana Letusan Gunung Lewotobi

Trending Now

Iklan