Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Cryptocurrency (Bitcoin) Geserkan Mata Uang Rupiah di Indonesia, Ini Penjelasannya

Monday, January 17, 2022 | 09:30 WIB Last Updated 2022-01-17T02:55:04Z
Cryptocurrency (Bitcoin) Geserkan Mata Uang Rupiah di Indonesia,


Dewasa ini dunia tehnologi semakin canggih. Persaingan bisnis tak dapat dibendung. Manusia wajib beradaptasi dengan kemajuan tehnologi tersebut. Salah satu perkembangan di era modern ini yakni terkait cryptocurrency. Apakah cryptocurrency itu? 

Baca juga: Ruhut Ancam Penjarakan Dosen UNJ Terkait Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK

Dalam bahasa Indonesia, cryptocurrency diterjemahkan  jadi mata uang kripto. Mata uang ini diminati oleh kebanyakan orang di dunia ini, termasuk Indonesia. Sebab kripto dianggap sebagai uang masa depan sehingga orang-orang mempelajarinya dan berlomba-lomba untuk berinvestasi. Pertanyaannya, apakah cryptocurrency dapat menjanjikan dan menjamin 100% alat pertukaran sah di masa yang akan datang? Jawabannya, bisa iya, juga tidak ada kepastian.

Baca juga: Para Artis dan Sejumlah Perusahaan Internasional Bangun Ruang Digital di Metaverse

Aset digital ini didesain sedemikian rupa untuk menjadi alat tukar yang sah dengan menggunakan kriptografi. Kripto bermaksud untuk mengamankan sebuah transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan dan melakukan verifikasi terhadap transfer aset. Apakah mata uang ini benar-benar diwujudkan sesuai tujuan dasarnya? 

Di tengah kemajuan, manusia akan mencari nafkahnya di era tehnologi. Namun persoalan-persoalan seperti penipuan, jebakan, pencarian keuntungan dengan mengorbankan orang lain, dan sebagainya juga muncul bersamaan dengan perkembangan tersebut. Namun untuk mewujudkan pemberlakuan cryptocurrency ini, kejujuran, kepercayaan, pengenalan identitas diri,  relasi dan komunikasi dengan pelanggan wajib hukumnya. 

Baca juga: Korupsi Dana Desa Sebesar 487 Juta, Mantan Kepala Desa Kaligunting Jadi Tersangka

Mata uang kripto memiliki pelbagai jenis yang perlu diketahui, salah satu yang paling populer saat ini yakni bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang memiliki nilai tukar yang luar biasa. Nilai pasarnya sangat tinggi. Banyak orang berminat untuk berinvestasi dengan menggunakan bitcoin. 

Selain bitcoin, cryptocurrency memiliki jenis lain yang sangat terkenal stellar, ethereum, litecoin, dan pelbagai jenis mata uang kripto lainnya.  

Cryptocurrency sangat membantu kesejahteraan masyarakat. Orang-orang yang sudah lama mempelajari mata uang ini sangat menyenanginya karena mendatangkan keuntungan besar. 

Untuk menyimpan mata uang kripto, akun wallet khusus, seperti Indodax, Blockchain, Coinbase, atau wallet yang lain harus dimiliki. Pilih salah satu akun wallet ini. Bagaimana mata uang kripto di Indonesia? 

Baca juga: Dunia Tehnologi, Hidup Bernas, Manusia Berharga, Jadilah Bintang

Mata uang kripto bisa dicairkan jadi uang tunai. Jika demikian, cryptocurrency bisa menjadi mata uang digital yang sah di masa mendatang. 

Bitcoin bisa saja menggeser mata uang rupiah jika negara menyetujui dan mengesahkannya. Namun bagaimanapun bitcoin tidak dapat menggeserkan mata uang rupiah sebagai alat tukar yang sah. Pasalnya mata uang rupiah sudah termeterai dan disahkan oleh undang-undang. (er/bi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cryptocurrency (Bitcoin) Geserkan Mata Uang Rupiah di Indonesia, Ini Penjelasannya

Trending Now

Iklan