Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Arahan Presiden Jokowi Soal Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Bupati Hery Nabit Soroti Produk Manggarai

Sarfin Fidin
Jumat, 25 Maret 2022 | 21:35 WIB Last Updated 2022-03-25T15:24:46Z
Soal Arahan Presiden RI Jokowi, Bupati Hery Nabit Soroti Produk Manggarai
Arahan Presiden Jokowi Soal Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Bupati Hery Nabit Soroti Produk Manggarai (Ilustrasi: floresku)


BernasINDO.id-Bupati Manggarai, Herybertus G.L Nabit, SE., MA menyoroti produk lokal Manggarai terkait arahan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) mengenai Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, dalam pertemuan yang dilaksanakan di Bali, Jumat, (25/3/2022).

Dalam rangka perwujudan arahan Presiden RI tersebut, Pemerintah Kabupaten Manggarai akan membentuk Tim Penggunaan Produk Dalam Negeri (TPPDN).

Baca: Kedatangan Jokowi di NTT, Seharusnya Sekaligus Mengevaluasi Dampak Proyek Nasional Di NTT

“Pemkab Manggarai akan segera membentuk TPPDN, pada bulan April mendatang. Tugas TPPDN ini nantinya yakni menginventarisir dan memastikan jenis-jenis barang yang dibiayai APBD kita, yang harus barang-barang buatan dalam negeri,” jelas Bupati Hery Nabit.

Selain itu,  Bupati Manggarai juga akan mendorong OPD untuk mulai menyusun Rancangan e-katalog local, sehingga produk-produk masyarakat Manggarai dapat dibeli dengan menggunakan dana APBD.

Baca: Perjuangan Seorang Amelia

“Kita akan dorong OPD menyusun rancangan e-katalog local. Mungkin butuh kerja keras dan butuh waktu, tetapi akan dimulai pada bulan April 2022 mendatang,” tambah Bupati Hery.

Bupati Manggarai itu menjelaskan penggunaan produk lokal terutama dalam berbagai program/kegiatan yang dibiayai APBD sangat penting untuk memicu pertumbuhan ekonomi. 

“Kebiasaan menggunakan produk impor harus dihilangkan supaya APBD memang digunakan untuk membeli barang buatan sendiri, dengan demikian juga membantu penciptaan lapangan kerja di Indonesia,” kutip Bupati Hery Nabit.

Baca: Pater Tuan Kopong MSF Menyoroti Pawang Hujan Mandalika Dan Wajah Asli Agama

Pertemuan dengan agenda mendengar arahan Presiden yang diselenggarakan oleh Sekretaris Kabinet RI tersebut dihadiri oleh para pimpinan Lembaga, Menteri/Pejabat setingkat Menteri, para Gubernur se-Indonesia, para Bupati/Walikota se-Indonesia dan para pimpinan BUMN.

Pertemuan diawali dengan laporan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengenai kegiatan  dua hari yang terakhir, berupa Bussiness Matching yang akan berlanjut di Jakarta pada pertengahan April 2022 mendatang untuk finalisasi beberapa hal yang menjadi perhatian secara khusus. (Sarfin/bernasindo)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Arahan Presiden Jokowi Soal Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Bupati Hery Nabit Soroti Produk Manggarai

Trending Now

Iklan