Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Ketidakberanian Mengakui Kesalahan Adalah Kegagalan Yang Paling Tragis

Suara BulirBERNAS
Saturday, September 24, 2022 | 05:26 WIB Last Updated 2023-02-08T07:40:37Z

 

Ketidakberanian Mengakui Kesalahan Adalah Kegagalan Yang Paling Tragis
Ketidakberanian Mengakui Kesalahan Adalah Kegagalan Yang Paling Tragis



Ketidakberanian Mengakui Kesalahan Adalah Kegagalan Yang Paling Tragis. Militansi tidak sekedar berteriak. Bukan juga soal tiap mereka bertanding kita nonton. Pun pula bukan hanya soal mengorbankan biaya perjalanan hingga bermalam sehari sebelum tim kesayangan bertanding. Militansi pertama-tama adalah kecerdasan menata hati, perasaan dan emosional serta kebijaksanaan untuk menerima situasi apapun yang terjadi dari pertandingan itu.


Dalam sebuah pertandingan sepak bola yang dicari bukan hanya soal siapa menang dan siapa kalah, tapi yang paling bernilai dan bobot mutu dari sebuah pertandingan adalah kemampuan dan keberanian untuk menerima hasil pertandingan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kalah dalam pertandingan, namun ketika kekalahan itu diterima dengan kepala dingin, tulus dan rendah hati maka sejatinya itu adalah kemenangan sejati. Pemenang sejati adalah bukan hanya pada saat pertandingan namun yang mengedepankan nilai-nilai peradaban moral dan etika.


Baca: Renungan Minggu Biasa XXV: Pekerjaan Sederhana Dengan Cinta Yang Luar Biasa (Lk 16:1-13)


Maka yang perlu ditanamkan adalah; “boleh kalah dalam pertandingan, tapi menjadi pemenang diluar lapangan maupun pertandingan.” Karena kekalahan itu bukan berarti kita bermain lebih buruk dari tim lawan, tapi kadang juga karena ketidakmampuan kita mengontrol hati, perasaan dan emosi ketika sedang mengontrol bola dalam pertandingan atau juga sebagai suporter merasa percaya diri bahwa timnya lebih baik daripada tim lain sehingga kepercayaan diri yang tidak sesuai dengan hasil yang diterima akhirnya menimbulkan rasa malu yang menyulut emosi, menuntut kebijaksanaan dan kecerdasaan dalam berpikir dan bertindak.


Sebuah perjuangan hingga tuntas tidak hanya membutuhkan kekuatan massa, tapi membutuhkan kecerdasan hati dan perasaan dalam mengelolah bola termasuk kecerdasan hati dan perasaan dalam mengontrol mental kita untuk menerima kekalahan tanpa mempersalahkan siapapun hanya untuk membenarkan tindakan anarkis yang tidak benar dan memang tidak disetujui oleh siapapun.


Ketika mencari penyebab dari sebuah kericuhan dilakukan oleh masing-masing pihak yang terlibat dalam sebuah pertandingan maka sama-sama akan mencari pembelaan dan pembenaran yang berujung pada saling mempersalahkan bahkan yang tidak terlibatpun pada akhirnya dipersalahkan. Ketika usaha mencari pembenaran hanya didasarkan pada kepingan ataupun potongan video dan cerita bertaburan tanpa mengetahui awal mula persoalan maka masing-masing bertahan dengan pandangan dan pembelaan diri.


Baca: Seni Berbicara


Dengan demikian maka efek dari tindakan yang merugikan pihak lain bahkan menimbulkan kerusakan dianggap wajar sebagai pelampiasan kemarahan yang semua sependapat bahwa tindakan yang merusak dan merugikan orang lain tidak dibenarkan dan pantas dikutuk. 


Jika kita sependapat bahwa tindakan merusak dan merugikan orang lain adalah tidak benar dan pantas dikutuk, maka keberanian untuk mengakui salah dan meminta maaf adalah sebuah peradaban bermoral dan beretika yang memperlihatkan bahwa kita menjadi pemenang. Namun selama itu tidak pernah ada maka kita sedang mengalami kekalahan yang paling tragis yaitu ketidakmampuan menaklukan keegoisan diri sendiri.


Yang lebih memprihatinkan bahkan menjadi sebuah tragedi nurani ketika tindakan kekerasan dan pengrusakan dibenarkan dengan melihat serta membandingkan tindakan anarkis di daerah dan negara lain saat ada pertandingan sepak bola sehingga dianggap wajar. Jika itu yang mau dikedepankan maka kita memang tidak ada niat untuk mengubah mental dan perilaku buruk menjadi lebih baik dan benar. Artinya kita membiarkan mental dan perilaku anarkis untuk terus bertumbuh subur menjajah nurani kemanusiaan kita.


Setiap pertandingan mengajarkan kita untuk menjadi seorang pemain dan penonton yang militan namun cerdas yang tidak hanya pandai mengontor dan menguasai bola namun juga cerdas mengontrol hati, pikiran dan perasaan demikian juga yang tidak hanya ramai berteriak histeris namun juga harus berani mengatakan tidak dalam sebuah keheningan dan ketenangan ketika hasil yang kita terima tidak sesuai dengan teriakan histeris kita.


Baca: Bermazmurlah dan Bernyanyilah Bagi Tuhan


Singkatnya, kita semua harus berani mengatakan pada diri sendiri; “Sarungkan pedangmu (keegoisan, mental anarkis dan keburukan) kembali” (Mat 26:25) dan keluarkan mutiara kebaikan dan kebenaran untuk dinikmati bersama entah kalah maupun menang. 



Manila: 23-September 2022

Tuan Kopong MSF

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketidakberanian Mengakui Kesalahan Adalah Kegagalan Yang Paling Tragis

Trending Now

Iklan