Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Pertarungan Caci Gendang Torok Satarmese VS Gendang Pie Lembor Selatan Sangat Sengit

Suara BulirBERNAS
Wednesday, July 5, 2023 | 11:02 WIB Last Updated 2023-07-05T14:26:27Z

 



BernasINDO.id - Dalam rangka memeriahkan acara adat (congko lokap), gendang Pie, Lembor Selatan, Manggarai Barat, NTT mengadakan pertarungan caci dengan tamu undangan (meka landang) dari gendang Torok, Satarmese pada 4-5 Juli 2023. 


Baca: Sambut Sesmen Parekraf RI dan Wisatawan Asing di Waerebo, SMKN 1 Satarmese Perlihatkan Beberapa Atraksi Budaya Khas Manggarai


Pertarungan caci tersebut dilakukan sesuai dengan tata cara adat Manggarai yang berlandaskan pada nilai persaudaraan, kekeluargaan, cinta-setia, kebersamaan (sosialitas Manggarai)  dan kesatuan serta nilai-nilai adat lainnya.


Baca: Sanggar Uma Rana Berkiprah Dalam Festival Golo Koe


Para petarung caci baik dari gendang Torok maupun gendang Pie memerlihatkan kebolehan, ketangkasan, dan keahlian dalam permainan caci tersebut. 


Hal menarik yang perlu diteladani yakni ketika tuan rumah menunjukan keramahan dan kepedulian terhadap setiap tamu undangan lewat senyuman, tuturkata, dan sikap rendah hati. 


Baca: Acara Naka Beka Keluarga Niang Teruk dan Suara Merdu SMK Negeri 1 Satarmese


Pertarungan caci tersebut berjalan aman dan terkendali. Para tamu diterima dan dihormati sesuai nilai adat yang telah diwariskan oleh para keluhur.


Penulis: Nasarius Fidin


Sumber Video: Manggarai Studio

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pertarungan Caci Gendang Torok Satarmese VS Gendang Pie Lembor Selatan Sangat Sengit

Trending Now

Iklan