Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Camat Satarmese Barat kedepankan Semangat Pancasila dan Nasionalisme

Suara BulirBERNAS
Saturday, August 19, 2023 | 07:40 WIB Last Updated 2023-08-25T08:15:04Z

 

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Camat Satarmese Barat kedepankan Semangat Pancasila dan Nasionalisme
Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Camat Satarmese Barat kedepankan Semangat Pancasila dan Nasionalisme



BernasINDO.id - Dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78, Camat Satarmese Barat, Anselmus Janggur,  mengedepankan semangat Pancasila dan Nasionalisme di tengah kemajemukan masyarakat. 


Baca: Seusai Ikuti Lokakarya di Ruteng, 156 Guru SMK Sekabupaten Manggarai Menyusun KOSP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka


Camat Sabar itu menerangkan masyarakat berperan aktif dalam memeriahkan acara peringatan HUT ke-78 dengan semangat one soul (satu jiwa). 


"Masyarakat Satarmese Barat sungguh  menghidupi semangat Pancasila dan nasionalisme dalam peringatan kemerdekaan RI seperti ke-Tuhan-an,  kemanusiaan,  kebersatuan,  kerakyatan,  keadilan,  kekompakan,  kerja tim, dan kemanusiaan dalam upacara bendera merah putih dan pelbagai atraksi yang diperlihatkan oleh sejumlah sekolah di kecamatan ini", tutur Anselmus saat diwawancarai BernasINDO.id, Lebang,  Kamis (17/08/2023). 


Lebih lanjut putra terbaik asal Todo yang berdomisili di Pongpahar itu menerangkan filosofi khas yang telah menjadi tradisi universal orang-orang Manggarai. 


"Kita sebagai orang Manggarai berpegang teguh pada filosofi yang telah diturunkan para leluhur, seperti sorong dise empo mbate dise ame dalam semangat bantang cama reje leleng, kope oles todo kongkol (nilai-nilai luhur yang telah diwariskan para pendahulu dalam semangat kebersatuan dan kebersamaan)", terangnya.  


Momen peringatan besar dengan tema "Teruslah Maju,  Teruslah Melaju Untuk Indonesia Maju", hemat Anselmus, bermaksud untuk mengenang peristiwa perjuangan yang telah dilakukan para pejuang atau pahlawan bangsa.


Baca: Memori Perwujudan Kebebasan Akademik di Loyola 1996-1999


Camat Anselmus merasa bangga dan penuh sukacita terkait upacara bendera dan pelbagai atraksi yang dipertunjukkan sejumlah sekolah mulai dari Paud hingga SMA/SMK di Satarmese Barat. 


"Saya secara pribadi merasa bangga dan bahagia karena pada hari ini saya bergabung dalam memperingati HUT kemerdekaan RI ke-78 di kecamatan satarmese barat, walaupun lapangan dikeluyuri hujan, masyarakat tetap antusias dan semangat mengikuti kegiatan upacara sehingga saya berharap momen selanjutnya kita bisa lebih bersemangat lagi untuk mengenang peristiwa perjuangan yang telah dilakukan para pendahulu kita khususnya para pejuang atau pahlawan bangsa", tambahnya. 


Camat Sabar itu mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan potensi-potensi, talenta dan bakat atau segala kelebihan yang dimiliki setiap pribadi. 


Baca: Siapa Pendiri "Loyola"? (Jangan 'Abaikan' Peran Tokoh Awam)


"Saya meminta kepada seluruh warga masyarakat di kecamatan Satarmese Barat untuk memberikan segalanya seperti pengetahuan, keterampilan,  dan pengalaman terbaik untuk karya pembangunan,  pelayanan dan pemberdayaan masyarakat,  sehingga kita akan terus bergerak maju, maju tak gentar, maju terus, dan berjalan bersama untuk saling melengkapi", tutupnya. 




Oleh: Nasarius Fidin

Penulis adalah Guru SMKN 1 Satarmese

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Camat Satarmese Barat kedepankan Semangat Pancasila dan Nasionalisme

Trending Now

Iklan