Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Festival Wai Humba IX Siap Digelar

Suara BulirBERNAS
Saturday, November 12, 2022 | 03:22 WIB Last Updated 2023-02-04T03:34:21Z

 

Festival Wai Humba IX Siap Digelar
Festival Wai Humba IX Siap Digelar 



Festival Wai Humba IX Siap Digelar - “Ama Rendi-Ina Manu Wanggameti Siap menerima Komunitas Yawila, Puronombu dan Tanadaru” 


Sumba Timur, 11/11/2022 Komunitas Wai Humba IX berkunjung ke rumah jabatan Bupati Sumba Timur dalam rangka menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Wai Humba IX 2022 di kampung adat Wundut, kecamatan Lewa, kabupaten Sumba Timur. 


Baca: Religiusitas Kosmis dalam Ritual 'Tuke Sekang'


Dalam kunjungan tersebut Dinamisator Wai Humba IX Umbu Wulang Tanaamah Paranggi menyampaikan bahwa inti pelaksanaan Wai Humba IX merupakan kegiatan berlatar budaya dan pelestarian lingkungan hidup. Tema yang diambil pada tahun 2022 yaitu “ Tana Beri Inamu” yang memberikan makna serta filosofi orang Humba tentang tanah sebagai ibu yang memberikan kehidupan.


Dengan ditemani perwakilan komunitas kampung (parengu) Wundut Mbadi Wuru Jara menuturkan bahwa festival Wai Humba IX adalah bagian dari menjaga budaya serta identitas orang Humba (tau humba) yang saat ini terancam hilang karena perkembangan jaman.   


Baca: Sulung “Sang Perintis” Dari Nusa Cendana Untuk Misi Seluruh Dunia: “Belis” Tidak Hilang!


Di sisi lain Triawan  U. U  Mehakati menyampaikan bahwa kegiatan Wai Humba sudah berjalan sejak tahun 2012 dan ini tahun ke sepuluh pelaksanaan festival Wai Humba IX. Ia menyampaikan bahwa perlu adanya pelestarian budaya sehingga generasi muda ke depan dapat mewariskan kembali peradaban budaya orang Humba yang  memiliki nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan ekologi.


Tri sapaan akrabnya juga memberikan penjelasan bahwa festival Wai Humba IX dilaksanakan dengan pendekatan budaya serta menyuguhkan berbagai permainan tradisional yang saat ini hampir hilang seperti makang, motu, pata lima dan kuaja manula. 


Pelaksanaan Wai Humba juga dilakukan secara gotong royong masing-masing komunitas membawa hasil kebun sebagai wujud syukur kepada alam dan leluhur yang telah memberikan kehidupan. “ semangat gotong royong inilah yang perlu dilestarikan kembali”. Ujar Tri.  


Bupati Sumba Timur Drs. Kristofel  Praing. M.Si. pada kesempatan tersebut menyambut baik perwakilan Dinamisator Wai Humba dan perwakilan komunitas kampung Wundut. 


Bupati menyampaikan bahwa “kita perlu membangun kembali semangat budaya orang Humba sebagai satu kesatuan yang utuh tidak terpisahkan oleh wilayah administratif semata”. Ujar Kristofel


Selain itu, ia juga memberikan dukungan penuh kepada generasi muda yang selalu berpikir tentang Humba dan merajut kembali hubungan kekeluargaan dengan semangat budaya dan kearifan lokal yang selama ini menjadi karakteristik orang Humba. 


Baca: Sanggar Uma Rana Berkiprah Dalam Festival Golo Koe


Dalam kesempatan diskusi tersebut Bupati Sumba Timur memberikan apresiasi kepada komunitas Wai Humba yang selama ini memberikan kontribusi pembangunan daerah lewat pemikiran dan tindakan melestarikan budaya dan lingkungan. Ia berharap generasi muda Humba tidak melupakan nilai-nilai budaya di tengah perkembangan dunia modern. 


“Kita harus mengetahui dan menguatkan kembali akar dan nilai- nilai budaya Humba yang saat ini tergerus oleh perkembangan modern. Kegiatan Wai Humba ini merupakan benteng terakhir kita dalam menjaga nilai kehumbaan”. Ujar Kristofel Praing


Oleh karena itu, ia berharap kegiatan festival Wai Humba IX yang dilaksanakan di kampung adat Wundut dapat memberikan pencerahan dan menguatkan kembali nilai-nilai budaya, persaudaraan dan semangat gotong royong. “ Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena memberikan pesan-pesan penting dalam pembangunan karakter dan kehidupan orang Humba, harapan saya semoga lebih luas dan menjangkau banyak orang” Ungkap Kristofel Praing



Deddy F. Holo

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Wai Humba IX Siap Digelar

Trending Now

Iklan