Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Gelar Atraksi Malam Puisi, Komunitas Hekang Kata SMK Negeri 1 Satarmese Banjir Pujian

Suara BulirBERNAS
Sunday, December 18, 2022 | 23:53 WIB Last Updated 2023-01-31T09:57:01Z
Gelar Atraksi Malam Puisi, Komunitas Hekang Kata SMK Negeri 1 Satarmese Banjir Pujian

Gelar Atraksi Malam Puisi, Komunitas Hekang Kata SMK Negeri 1 Satarmese Banjir Pujian


Bernasindo.id - Gelar Atraksi Malam Puisi, Komunitas Hekang Kata SMK Negeri 1 Satarmese banjir pujian tatkala kegiatan itu sedang berlansung di depan halaman kapela stasi Waecepang, desa Terong, kecamatan Satarmese Barat, kabupaten Manggarai, NTT, Minggu, (18/12/2022). 


Atraksi malam puisi yang digagas dan diselenggarakan tersebut dihadiri sejumlah masyarakat desa Terong. 


Ketua panitia komunitas hekang kata, Efridus Tando mengatakan pentas seni di malam puisi  yang bertema "mengunyah kata meraih cita" ini bertujuan untuk memanusiakan manusia. 


"Atraksi malam puisi dengan pelbagai bentuk penampilan bertujuan untuk menciptakan manusia yang berkualitas" kata Efrid.


Efrid Tando menerangkan bahwa selain belajar teori, aplikasinya juga menjadi sangat penting dalam tindakan nyata. 


Baca: Komunitas Literasi Hekang Kata SMKN 1 Satarmese Bertajuk Mengunyah Kata Meraih Cita


"Hidup ini bukan hanya tentang teori saja tetapi juga aplikasinya, kita semua pasti tahu tentang teori, namun tindakan nyata menjadi sangat penting dan urgen. Jika kamu bertindak, sesungguhnya semua mata tertuju pada tindakan anda", ujar peserta didik asal Woang itu. 


Hal senada disampaikan oleh kepala SMK Negeri 1 Satarmese, Fransiskus Jehoda, tatkala diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara malam puisi tersebut. 


Kepala sekolah itu mengatakan literasi bukan hanya sekedar membaca melainkan juga pengaplikasiannya dalam praksis hidup. 


Baca: Persahabatan di Ruang Perpustakaan


"Kita perlu membaca, membaca, dan membaca, kemudian coba tampil dengan apa yang perlu ditampilkan, sebab tampil di depan umum adalah bagian dari pendidikan yang sangat penting", kata Fransiskus.


Hemat kepala SMKN 1 tersebut, ketika anak-anak diberi ruang untuk tampil, ada banyak nilai yang diperoleh seperti kepercayaan diri, kerja sama, pengorbanan, perjuangan, kerja keras dan cerdas serta ketulusan.


Fransiskus memberikan apresiasi dan profisiat yang setinggi-tingginya kepada komunitas hekang kata SMK Negeri 1 Satarmese, komunitas sekami, dan para peserta didik yang tampil maksimal di malam puisi. Tak lupa pula kepala sekolah menyampaikan terimakasihnya kepada sejumlah masyarakat yang hadir. 


Baca: Memasak "Sayur Kebersamaan"


Diharapkan, atraksi seni malam puisi dengan pelbagai suguhan itu dapat membangkitkan niat dan semangat peserta didik untuk semakin berliterasi demi masa depan yang gemilang.



Penulis: Nasarius Fidin

Penulis adalah guru SMK Negeri 1 Satarmese

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Atraksi Malam Puisi, Komunitas Hekang Kata SMK Negeri 1 Satarmese Banjir Pujian

Trending Now

Iklan