Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 2412 Manggarai Pusat Pendidikan Dan Latihan Cabang “Golo Lusang”

Suara BulirBERNAS
Tuesday, March 7, 2023 | 20:37 WIB Last Updated 2023-03-07T13:54:31Z

Oleh: Maria Venita Jenis

Penulis adalah jurnalis paroki Denge dan pembina Gudep SDI Watudali


Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 2412 Manggarai Pusat Pendidikan Dan Latihan Cabang “Golo Lusang”
 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 2412 Manggarai Pusat Pendidikan Dan Latihan Cabang “Golo Lusang” 




BernasINDO.id - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) melaksanakan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) di SDK Narang 1, kecamatan Satarmese Barat, kabupaten Manggarai, NTT. 


Baca: Perjumpaan dengan Yohanes Rumat, Kepala Sekolah SMK Alam Lestari “Kami Seakan Mendapat Nutrisi Untuk Terus Mengabdi”


Kegiatan KMB tersebut dilaksanakan selama 7 hari mulai Senin (06/03) s/d Minggu (12/03) Maret 2023. Peserta kursus mahir dasar berjumlah 125 peserta yang berasal dari pangkalan  SD, SMP,  SMA/SMK Satar Mese Barat. 


Pada hari pertama KMD (Senin, 06 Maret 2023) peserta wajib melaksanakan registrasi awal pada Pukul 07.30-08.00 bertempat di Aula Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Narang. 


Kegiatan KMD tersebut resmi dibuka oleh Sekda Kabupetan Manggarai, Drs. Fansy Aldus Jahang beserta Kepala Dinas Kabupaten Manggarai, Frans Gero. 


Baca: SMKN 1 Satarmese Terima Bantuan dana DAK sebesar Hampir 7 Milyaran


Sekda Kabupetan Manggarai, dalam sambutannya, mengatakan KMD bermaksud untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill dasar kepada para peserta KMD yang ada di Gugus Depan Satarmese Barat.


"KMD dipahami sebagai langkah awal untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill dasar kepada para peserta KMD yang akan melaksanakan proses pembinaan Pramuka yang ada di Gugus Depan Satarmese Barat", ujar Fansy Aldus Jahang.


Fansy Aldus Jahang menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi kepada Kamabigus Kwarran Satarmese Barat atas partisipasi dalam mendukung kegiatan KMD tahun 2023.  


Sementara salah seorang pelatih KMD, Niko Romas  mengatakan pentingnya KMD bagi para peserta karena setelah mengikuti kegiatan tersebut para peserta akan mendapatkan izasah. 


“Kakak-kakak beruntung sekali bisa ikut KMD pada kesempatan ini, karena  peserta KMD mendapat Ijazah, maka  kehadiran kakak selama kegiatan sangat menentukan keberhasilan peserta", Niko Ramos.


Baca: SMKN 1 Satarmese Rayakan HUT ke-2: Jika Cinta Berlimpah, Tiada Lagi Kata-kata


Kakak Niko juga berharap,  setelah mengikuti kegiatan KMD, para pembina bisa terjun langsung untuk melakukan pendidikan dan pelatihan pramuka kepada para peserta didik


Kegiatan hari pertama berjalan dengan baik. Suasana sukacita, persaudaraan dan kekeluargaan sangat nampak sepanjang kegiatan berlansung. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 2412 Manggarai Pusat Pendidikan Dan Latihan Cabang “Golo Lusang”

Trending Now

Iklan