Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

UPTD SDI Wongka Kecamatan Satarmese Barat Melaksanakan ANBK di UPTD SDI Lenggos

Suara BulirBERNAS
Monday, October 30, 2023 | 12:33 WIB Last Updated 2023-10-30T05:55:57Z
UPTD SDI Wongka Kecamatan Satarmese Barat Melaksanakan ANBK di UPTD SDI Lenggos
UPTD SDI Wongka Kecamatan Satarmese Barat Melaksanakan ANBK di UPTD SDI Lenggos (foto ist.)




Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang 3 jenjang SD dimulai hari ini (Senin, 30 Oktober 2023). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan dengan melihat input, proses, dan output proses pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 


Baca: Penerapan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMPN 5 Borong


Dikutip dari laman resmi Kemdikbud ristek, ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi numerasi para siswa. Sementara survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Adapun survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. 


UPTD SDI Wongka, salah satu sekolah yang menyelenggarakan ANBK tahun 2023, juga mengambil bagian dalam proses evaluasi ini. Kegiatan ANBK dilaksanakan di sekolah tetangga yaitu di UPTD SDI Lenggos yang terletak sekitar 1,5 km dari UPTD SDI Wongka karena di sekolah (SDI Wongka) tidak memiliki akses internet. Alasan kami memilih tempat tersebut karena fasilitas jaringan internetnya cukup memadai. Sekolah yang terletak di jalan utama menuju spot pariwisata berkelas internasional Wae Rebo tersebut memiliki akses internet yang cukup. 


Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan terimakasih kepada ibu Kornelia Sin, SPd Kepala Sekolah UPTD SDI Lenggos yang telah memberikan izin kepada kami (UPTD SDI Wongka) untuk melaksanakan ANBK tahun 2023 di tempat ini. 


Peserta ANBK UPTD SDI Wongka berjumlah 18 orang siswa, yang dibagi dalam 2 sesi yaitu sesi pertama 15 orang siswa dan sesi kedua 3 orang siswa.


Kegiatan ANBK akan berlangsung sampai besok Selasa, 31 Oktober 2023.Hari pertama ini, peserta mengerjakan soal literasi membaca dan hari kedua (esok) mengerjakan soal literasi numerasi. 


Pelaksanaan sesi pertama hari ini kurang lancar karena mungkin server pusat terlalu sibuk. Mudahan-mudahan pada sesi kedua nanti akan berjalan aman dan lancar. 


Baca: Demi Wujudkan Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar, Guru Agama Katolik Jenjang SMA/SMK Sekabupaten Manggarai Gelar MGMP di Ruteng


Selaku Kepala Sekolah, saya sangat berharap kepada pemerintah pusat agar segera memperhatikan sarana prasarana yang mendukung kegiatan ANBK ini. Sarpras yang dimaksud antara lain fasilitas jaringan internet dan Crombook atau perangkat komputer lainnya. 


Dua hal ini sangat penting karena di sekolah kami belum tersedia jaringan internet dan perangkat komputer yang memadai. Untuk diketahui, UPTD SDI Wongka hanya memiliki 3 buah Crombook. Untuk memenuhi kebutuhan ANBK tahun ini, UPTD SDI Wongka meminjam 12 buah crombook dari UPTD SMPN 18 Satarmese Borik sehingga hari ini kami bisa melaksanakan ANBK. 


Dalam kunjungan kerjanya, Nikodemus Sose, S. Pd selaku pengawas binaan SD gugus Lamba menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia ANBK UPTD SDI Wongka yang sudah menyiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan ANBK hari ini, sehingga ANBK dapat berjalan dengan baik walaupun masih banyak kekurangannya.


Semoga kekurangan yang ada akan menjadi perhatian bersama antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga ANBK di tahun yang akan datang dapat dilaksanakan di sekolah sendiri tanpa menupang di sekolah lain, pungkasnya.


Baca: Penutupan Jamran 4 Kwarran 1207 di Bawah Panas Matahari, Camat Satarmese Barat Beri Komentar Bernas


Harapan yang sama juga disampaikan oleh Bapak Viktor Anggung, S.Pd selaku ketua Panitia ANBK UPTD SDI Wongka, semoga pelaksanaan kegiatan ANBK tahun ini dapat berjalan aman dan lancar sesuai dengan jadwal.




Oleh:Viktor Ebin, S. Pd -Kepala UPTD SDI Wongka.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UPTD SDI Wongka Kecamatan Satarmese Barat Melaksanakan ANBK di UPTD SDI Lenggos

Trending Now

Iklan