Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Genesis Soul In A Box: Penyedia Katering di Jakarta dan Dasar Filosofis

Thursday, April 14, 2022 | 12:42 WIB Last Updated 2022-04-14T05:42:42Z
Genesis Soul In A Box  Penyedia Katering di Jakarta dan Dasar Filosofis

Genesis Soul In A Box  Penyedia Katering di Jakarta dan Dasar Filosofis


Oleh: Eugenius Ervan Sardono


Soul In A Box menjadikan katering sebagai “pedagogy of eating

 

Saya menggiring pembaca untuk melihat genesis dan nilai filosofis dari Soul In a Box penyedia katering di Jakarta. Banyak tulisan yang mengupas perihal menu box, makanan sehat, nasi box, nasi kota, dan katering sehat. Saya merasa bersalah jika tidak menggiring pembaca menemukan kekayaan filosofis dari hal ini.  

 

Ada petuah yg mengendap dalam ingatan kolektif kita: jika kita tidak makan, kita akan mati. Seiring berjalannya waktu, makanan itu adalah sebuah seni. Perlu ada sebuah “pedagogy of eating” (kecakapan dalam makan). Soul In A Box menemukan sebuah metode itu, yaitu katering. Secara filosofis, pelayanan katering dapat ditelusuri sejak zaman Pharaoh atau yang kita kenal sebagai Fir'aun di Mesir, Yunani Kuno, hingga Kekaisaran Romawi. Pada zaman itu katering dimanfaatkan sebagai akomodasi dalam perjalanan para tentara dan juga sebagai alat barter dalam jalur perdagangan.

 

Menurut kamus, katering memiliki arti spesifik; penyediaan jasa makanan dan minuman secara profesional untuk acara seperti pesta pernikahan, acara sosial, ataupun acara perusahaan.


Baca: Banyak yang Belum Tahu, Eko-enzim (EE) Sembuhkan Kanker Payudara, Gula, dan Ribuan Penyakit Lainnya

 

PT Jiwa Tekno Kultura (Soul in a Box) mulai beroperasi tahun 2017 di Jakarta.  Hingga saat ini mampu melayani hingga 3000 porsi setiap harinya. Didukung oleh chef handal yang menguasai menu Nusantara, Oriental, Jepang, hingga Western. Soul in a Box Catering dapat membuat makanan yang bervariatif setiap harinya. Mereka juga memiliki Sertifikat Halal MUI, Layak Higienis Sanitasi, ISO dan CHSE yang menjadi jaminan bahwa Soul in a Box menghadirkan makanan lezat yang bersih dan berkualitas tinggi (https://www.soulinabox.co.id/).

Katering adalah penyediaan makanan dan atau minuman lengkap beserta peralatan dan petugasnya maupun tidak, untuk keperluan tertentu berdasarkan kontrak atau perjanjian tertulis atau tidak tertulis. Jasa katering diatur dalam Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.87/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Makanan dan Minuman.

Baca: 5 Aplikasi Penghasil Uang di Bawah Otoritas OJK, Dijamin Aman dan Pasti Membayar

Nilai Filosofis Eko-Efisiensi catering

Eko- efisiensi adalah perpaduan konsep efisiensi dari sisi ekonomi dan efisiensi dari sisiekologi, sehingga dengan implementasi konsep tersebut akan dapat meningkatkan performa finansial maupun performa lingkungan hidup. Eko-efisiensi perlu diperkenalkan kepada para pelaku usaha sebagai salah satu upaya memperbaiki lingkungan hidup.

Penerapan eko-efisiensi pada usaha katering memberikan pembelajaran: 1) bagaimana seharusnya menggunakan sumber daya yang lebih sedikit untuk mendapatkan manfaat dan hasil yang lebih baik, 2) bahwa yang perlu adalah adanya perubahan pola pikir (mindset) dalam perilaku keseharian bukan penekanan pada perubahan teknologi dari yang tradisional ke teknologi yang canggih, 3) perlunya kerja sama/bersinergi dengan yang lain secara harmonis dan 4) sudah seharusnya kita ikut berpartisipasi untuk mengurangi terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan (Sutriyati Purwanti, 2011).

Baca: Mitos “Orang Sakti, Kaki, dan Mego” dalam Perspektif Feminitas-Kosmologis Suku Sara, Ngada

Penggunaan katering makanan menciptakan sebuah efektivitas dalam pelayanan. Tempat dan tenaga yang dikeluarkan juga sudah diukur dalam porsi yang proporsional.

Apa pun itu perlu digali genesis atau asal muasal dan nilai filosofis. Nilai itu perlu terus digali oleh perusahaan yang bersangkutan. Dengan demikian, Soul in a Box Catering Jakarta akan tetap eksis.

 

(Eugenius Ervan Sardono/BernasINDO)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Genesis Soul In A Box: Penyedia Katering di Jakarta dan Dasar Filosofis

Trending Now

Iklan