Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Demi Merawat Toleransi dan Persaudaraan, SMKN I Satarmese Selenggarakan Buka Puasa Bersama, Lihat Komentar Tiga Tokoh Penting berikut Ini

Suara BulirBERNAS
Saturday, April 6, 2024 | 12:01 WIB Last Updated 2024-04-06T06:50:19Z
Demi Merawat Toleransi dan Persaudaraan, SMKN I Satarmese Selenggarakan Buka Puasa Bersama, Lihat Komentar Tiga Tokoh Penting berikut Ini
Demi Merawat Toleransi dan Persaudaraan, SMKN I Satarmese Selenggarakan Buka Puasa Bersama , Foto ist.



BernasINDO.id - Demi merawat toleransi dan persaudaraan, SMKN I Satarmese menyelenggarakan bukber (buka puasa bersama) dengan umat Muslim Benteng Waemaras, Satarmese barat, Manggarai, NTT dengan bertajuk Buka Puasa Bersama Mempererat Kekeluargaan dalam Kesucian Ramadhan di gedung SMKN 1 Satarmese, Jumat, (5/4/2024). 


Baca: Meraih Mahkota Surgawi


Buka Puasa ini dipimpin oleh Imam Masjid Nanga Ramut, H. Da'I, dihadiri Danramil Satarmese, Kpt. Robert Carlos, Sekcam Satarmese Barat, Andrew Jehanu, S.H, Kades Terong, Theodorikus Atong, S.Pd, Kades Legu, Alan Suwandi, pengurus komite, guru2 SMKN 1 Satarmese, guru-guru SDI Wae Cepang, dan sejumlah keluarga muslim, serta siswa/i yang beragama Islam. 


Kepsek SMKN 1 Satarmese, Fransiskus Jehoda menyampaikan kenikmatan bulan Ramadhan memampukan umat Muslim semakin mendekatkan diri dengan Tuhan Yang maha Esa. 


“Tiada bulan terindah selain bulan Ramadhan, karena bulan ini menjadi bulan di mana umat Muslim, saudara/i kita menjalin relasi personal dengan Tuhan, menyucikan dan mengendalikan diri dari setiap sikap, tutur kata, perbuatan atau cara hidup yang tidak berkenan di hadapan Tuhan”, kata kepsek dalam sambutannya.  


Kepsek menambahkan, pada bulan Ramadhan ini, umat beriman Muslim dituntut untuk semakin berbuat baik seperti memberi sedekah dan tentu meningkatkan aktivitas ibadah kepada Allah. Tuhan pasti tersenyum tatkala menyaksikan adanya kenikmatan persaudaraan, kerukunan hidup, dan cinta kasih tidak dibatasi oleh sekat-sekat atau pelbagai perbedaan latarbelakang. 


Baca: Kumpulan Renungan Paling Menyentuh Hati Umat Tahun 2024


“Kegiatan buka puasa yang kita selenggarakan ini didasari oleh sebuah keyakinan akan pentingnya merawat kebhinekaan, toleransi, dan sikap saling menghargai di antara sesama umat manusia. Buka bersama (bukber) sebagai sesama saudara, umat Tuhan, itu merupakan doa karena dengan duduk bersama, Tuhan pasti hadir. Dengan buka bersama juga, siswa/i SMKN 1 Satarmese semakin mencintai toleransi dan kehidupan serta semakin meningkatkan mutu hidup beriman”, ungkapnya. 


Sementara itu, H. Da'i dalam Tausiyahnya menggarisbawahi pentingnya pengamalan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Selain bangunan dasar Negara, Imam Mesjid itu juga menegaskan 5 rukun Islam yang wajib ditaati kaum Muslim.


“Negara Indonesia memiliki bangunan dasar yang sangat kokoh yakni Pancasila. 5 sila Pancasila menjadi fundasi yang wajib diamalkan dan ditaati oleh semua masyarakat Indonesia. Selain itu, umat muslim juga memiliki 5 rukun yang harus diwujudkan bersama, seperti beriman kepada Allah, sholat, puasa, bersedekah, rayakan ramadhan ”, tutur H. Da'I saat tausiyahnya. 


Selain itu, Sekcam Satarmese Barat (Sabar) menyampaikan pentingnya kontribusi semua pihak dalam membangun kerukunan dan persaudaraan agar pembangunan manusia yang beriman bisa terwujud.


“Secara pribadi saya merasa bangga karena sekolah yang masih berumur belia ini sudah melakukan hal-hal besar. Kegiatan buka puasa bersama ini menjadi kontribusi yang sangat baik dalam membangun kerukunan dan persaudaraan agar pembangunan manusia yang beriman bisa terwujud”, terang Sekcam Sabar itu. 


Baca: Kumpulan Renungan Romo Agustinus Rame Pr Terbaru


Selain diisi dengan do'a, sambutan dan Tauziah Ustad, acara bukber ini juga disemarakkan dengan atraksi siswi muslim lewat tarian Arab. Selain itu, seorang siswa muslim (Naja) juga memberikan Tauziah berjudul Digitalisasi Bank Sariah. Naja pernah mengikuti lomba Tauziah   tingkat Provinsi NTT. Siswa asal Pulau Mules itu adalah utusan dari Depag Kab Manggarai.


SMKN 1 Satarmese menyelenggarakan bukber bersama umat Muslim benteng-Ramut itu untuk kedua kalinya sejak lembaga ini berdiri 3 tahun lalu. Kiranya kegiatan penuh makna ini menjadi momen inspiratif yang akan terus dilaksanakan setiap tahun. 



Oleh: Nasarius Fidin

Penulis adalah Guru SMKN 1 Satarmese

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Demi Merawat Toleransi dan Persaudaraan, SMKN I Satarmese Selenggarakan Buka Puasa Bersama, Lihat Komentar Tiga Tokoh Penting berikut Ini

Trending Now

Iklan